Benjolan di dalam kulit, apakah berbahaya?

NA Info Penanya: NA, Wanita
Selamat pagi dok saya mau bertanya, saya merasa ada dua benjolan di sebelah kiri dan kanan dari tulang ekor saya. Tepatnya masing masing benjolan ada di atas bokong saya. Dari tampilan fisik luar kulit saya terlihat normal-normal saja, tetapi saat saya pegang di area nya saya merasakan benjolan (seperti benjolan di dalam). Yang mau saya tanyakan adalah apakah ini hanya benjolan biasa atau tidak ya dok? Terima Kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NA

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan merupakan adanya massa tidak normal yang dapat terjadi di seluruh bagian tubuh. Benjolan bisa berisi cairan, lemak, ataupun jaringan lain.

Benjolan bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah:

  • Kista
  • Lipoma
  • Bisul
  • Keganasan
  • Masalah pada jaringan sekitar

Terkait dengan pertanyaan Anda, untuk memastikan jenis benjolan tersebut dan penyebab adanya benjolan tersebut harus dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu.

Jika benjolan dirasa semakin cepat membesar, terasa nyeri, berwarna kemerahan, mudah berdarah, atau bahkan mengeluarkan nanah seger periksakan ke dokter spesialis bedah terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tindakan yang bisa anda lakukan adalah dengan cara tidak menyentuh-nyentuh benjolan tersebut terlalu sering terlebih jika belum mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan melakukan olahraga agar badan tetap bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Leher bengkak bisa terjadi di satu ataupun kedua sisi leher

Leher Bengkak? Coba Telusuri Penyebabnya

Bengkak di leher bisa dikarenakan oleh berbagai macam faktor. Namun terkadang, bengkak di leher bisa menjadi suatu pertanda adanya penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti infeksi telinga, abses, gondongan, dan sebagainya.