benjolan di bibir vagina sebelah kanan tidak sakit

I Info Penanya: I, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau tanya, ada benjolan di bibir vagina sebelah kanan tapi saat di pegang tidak sakit, apa perlu di oprasi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IY

Benjolan di bibir vagina sebelah kanan dapat terjadi pada beberapa kondisi seperti kista bartolin, abses bartolin dan kandiloma akuminata.

Pada kista bartolin biasanya benjolan tidak nyeri, terjadi akibat sumbatan pada kelenjar bartolin yang berfungsi mengeluarkan cairan pelicin vagina. Untuk tatalaksana biasanya dilakukan pembedahan dan dapat sembuh dengan baik.

Pada kelenjar bartolin yang mengalami infeksi dapat mencetuskan abses bartolin, biasanya benjolan bersifat nyeri dan jika pecah mengeluarkan nanah, untuk tatalaksana biasanya dilakukan pemberian antibiotik dan insisi drainase abses secara bedah.

Penyebab benjolan lain di bibir vagina adalah kandiloma akuminata, biasanya berbentuk seperti jengger ayam. Benjolan ini terjadi akibat infeksi human papiloma virus dan terkait penyakit menular sexual. untuk tatalaksana dapat diberikan asam trikloasetat, cauterisasi dan eksisi secara bedah.

Saya sarankan anda untuk memeriksakan diri dahulu ke dokter umum untuk memastikan jenis benjolan tersebut, selanjutnya jika disebabkan kista atau abses bartolin anda dapat di rujuk ke dokter Sp.OG, sedangkan jika akibat kandiloma anda dapat di rujuk ke dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK)

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit vagina bisa ditandai dengan keluhan gatal dan keputihan

Berbagai Penyakit Vagina Ini Bisa Picu Keluhan Gatal dan Keputihan

Gejala penyakit vagina umumnya berupa gatal, keputihan, dan iritasi. Gejala umum ini dapat disebabkan oleh berbagai penyakit yang berbeda. Mengenali gejala yang spesifik dan menjalani pemeriksaan medis akan mengantar Anda pada penyebabnya yang pasti sekaligus pengobatan yang tepat.