Benjolan di bibir bawah, kenapa ya?

D Info Penanya: D
Dok, bibir bawah saya bagian dalam sebelah kanan timbul Benjolan cukup besar dan sudah 1bulan tidak kempes. Bahkan terkadang diujung suka muncul melenting putih susu terkadang juga merah darah.. Kira-kira penyakit apa ya Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.

Benjolan adalah suatu tonjolan di permukaan kulit yang seharusnya tidak ada. Benjolan dapat terjadi di mana saja, mulai dari wajah, bibir, leher, sampai ke telapak kaki. 

Pada kasus Anda, benjolan pada bibir bawah dapat disebabkan oleh:

  • Sariawan, yang bisa disebabkan oleh bibir yang tergigit, makanan keras dan tajam, merokok, alergi ataupun kekurangan nutrisi (vitamin B12, asam folat, dan zat besi)
  • Mucocele, yang disebabkan karena penyumbatan saluran air liur. Umumnya mucocele timbul di bibir bawah.
  • Jerawat pada bibir
  • Dermatitis (peradangan kulit) pada bibir yang mengalami infeksi, misalnya karena garukan

Sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab pasti dari benjolan bibir Anda. Dokter akan memeriksa secara langsung, dan memberikan terapi yang sesuai, seperti obat oles, obat minum, atau terapi laser jika dibutuhkan. Pada kasus ini, pembedahan juga mungkin dilakukan, tergantung dari penyebabnya.

Untuk sementara, hindari memencet atau menyentuh benjolan (apalagi sebelum cuci tangan) karena akan memicu infeksi lainnya. Hati-hati saat menyikat gigi, jangan sampai benjolan di bibirnya terkena, ya.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat ya.

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sindrom Melkersson-Rosenthal menjadi salah satu penyebab lidah pecah-pecah.

Jangan Diremehkan, Kenali Kondisi Lidah Pecah-pecah dan Cara Menanganinya

Pernahkah Anda bercermin sembari menjulurkan lidah? Jika melihat lidah seperti "jalan yang retak", bisa jadi Anda sedang mengidap kondisi medis bernama fissured tongue atau lidah pecah-pecah. Bagaimana cara mengobatinya?