Benjolan di bibir bawah bagian dalam

IG Info Penanya: IG, Pria, 39 Tahun
Sore Dokter,Bibir bawah bagian dalam terdapat benjolan yang hilang timbul. Besar benjolan seukuran biji wijen. Terasa membesar dari sangat kecil hingga sebesar wijen selama 2 tahun. Benjolan akan membesar jika kurang minum, jika cukup minum, benjolan mengecil hampir tidak terasa. Apakah benjolan ini? Apakah berbahaya dan ke dokter apa saya harus berkonsultasi lebih lanjut, THT atau Spesialis Bedah Mulut? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore Pak IG YM,

Benjolan hilang timbul pada bibir bawah bagian dalam, kemungkinan terjadi akibat trauma berulang yaitu gigitan  tidak sengaja atau dengan sengaja karena lupa. Benjolan ini umumnya dikenal dengan nama Mucocele (atau Mukokel) yaitu benjolan yang terjadi akibat rusaknya saluran kelenjar liur akibat trauma berulang. Lokasi terbanyak benjolan jenis ini adalah di bibir bawah bagian dalam.

Perawatan untuk mukokel berukuran kecil adalah menghindari faktor penyebab contohnya gigitan, dan kebiasaan lain yang merupakan trauma untuk bibir dan kelenjar liur. Bila kebiasaan buruk ini dihilangkan, maka mukokel dapat hilang dengan sendirinya.

Untuk mukokel berukuran besar dan mengganggu fungsi mulut dan gigi, maka Dokter akan menyarankan untuk dilakukan operasi kecil pengangkatan mukokel.

Untuk lebih pastinya sebaiknya kunjungi Dokter Gigi (Drg) atau Dokter Spesialis Bedah Mulut (SpBM) untuk berkonsultasi dan diperiksa lebih lanjut.

Salam Sehat

NM
23 Oct 2019, 11:05
Dok saya mau tanya d bagian bibir bawah saya bagian dalam ada benjolan jga tp tidak sakit dan benjolan awalnya 2 tp yg satu udah hilang tinggal satu nya,, benjolan ini kadang kecil kadang besar apa ini bisa sembuh...mksh dok atas jawaban nya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi orang dewasa yang telah tumbuh permanen memiliki jenis dan fungsi yang berbeda

Berapa Jumlah Gigi Orang Dewasa yang Ideal?

Pernahkah Anda menghitung jumlah gigi Anda? Kadang ada kondisi ketika jumlah gigi orang dewasa lebih atau kurang dari 32 gigi.