Benjolan di belakang telinga, empuk dan mengeluarkan nanah.

MC Info Penanya: MC, Pria
Punya benjolan di belakang telinga udah 6 hari. Terasa amat empuk dan tidak sengaja kepencet dan mengeluarkan kayak nanah campur darah , badanpun langsung keringat dingin.itu tadi jam 2.30 dini hari. Nah keseringan saya begadang ngopi sama ngeroko. Apakah tidak apa apa..?? Dengan ketidak sengajaan itu.??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MC

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kondisi yang anda alami dalam bahasa medis disebut abses kulit biasanya akibat infeksi bakteri. Bisa terjadi di bagian mana saja di tubuh terutama di wajah, punggung, dada atau bokong. Bisa juga di area yang tumbuh rambut seperti ketiak atau daerah pubis. Anda bisa menangani dengan menggunakan salep antikuman yang dijual bebas. Namun pada kondisi yang tidak kunjung sembuh, mungkin memerlukan tindakan mengeluarkan nanah karena infeksi bisa semakin berat hingga timbul demam dan gejala lainnya.

Pertolongan pertama di rumah dengan melakukan kompres hangat untuk mengempeskan dan membantu keluarnya nanah. Tidak disarankan untuk memencet dan mengeluarkan nanah sendiri karena bisa memperberat infeksi. Jangan lupa untuk selalu cuci tangan, bila ada luka diobati dan ditutup perban agar tidak kotor. Serta jangan menggunakan handuk atau pakaian bersama dengan orang lain.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

MC
04 Oct 2019, 08:41
terimaksih banyak atas sarannya semoga bemanfaat.