Benjolan di belakang telinga bayi usia 2 tahun.

RW Info Penanya: RW, Wanita
Maaf,dokter Sya mau tnya soal anak sya yg berusia 2 th lbh 2 bln.Di blkang telinga anak sya ada benjolan sbsar ibu jari anak sya.kalau di pegang benjolan tsb anak saya lsg menangis kesakitan.pas saya mau periksakan ktnya hrs d bwah k dokter anak".agar dpt pnanganan yg lbh baik.klau gk d periksakn tkutnya mmbsar & trjdi tumor.sya lbh tkut stlh mndngar itu dok.Ttp sblm saya periksakan.Sya priksa anak saya k dokter umum.karna d kepala anak sy trjdi luka di garuk & mmbengkk kluar nanah udh d ksh obt
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RW,

Benjolan di belakang telinga adalah keluhan yang bisa timbul akibat beberapa kemungkinan penyebab. Benjolan ini bisa berukuran kecil sampai besar dan bisa ada yang menimbulkan nyeri ataupun tidak. Penyebabnya sendiri diantaranya adalah:

  • Infeksi pada kulit seperti jerawat atau abses
  • Peradangan kulit kepala atau disebut dermatitis seboroik
  • Infeksi tulang mastoid yang berada di belakang telinga
  • Adanya kista atau benjolan berisi cairan
  • Ada benjolan lemak yang membesar atau disebut lipoma
  • Bisa karena infeksi telinga
  • Penyebab lainnya

Benjolan di belakang telinga apabila membengkak dan mengeluarkan nanah bisa menandakan adanya peradangan akibat infeksi. Jika karena infeksi nantinya oleh dokter akan diberikan penanganan pembesihkan luka jika nanah keluar, pemberian obat antibiotik baik obat minum ataupun salep dan juga pemberian obat untuk mengurangi gejala seperti obat pereda nyeri ataupun gatal seperti parasetamol dan chlorphenireamine maleat.

Apabila benjolan makin besar dan tampak kemerahan, hindari memecahkan ataupun mengeluarkan isi nanah sendiri. Hal ini bisa menyebabkan iritasi ataupun infeksi yang lebih berat karena proses yang tidak steril. Untuk sementara bisa bersihkan menggunakan larutan NaCl dan tutup dengan kassa steril. 

Untuk benjolan yang menjadi tumor ataupun gejala membesar tidak selalu terjadi jika segera dilakukan penanganan. Untuk itu periksakan anak Anda pada dokter spesialis anak untuk penanganan lebih lanjutnya dan lakukan perawatan luka dengan baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kompres dingin di atas kulit yang memar

Langkah Berbeda Pertolongan Pertama Memar di Kulit, Mata, Kepala, dan Pergelangan Kaki

Gunakan kompres dingin segera setelah cedera terjadi. Temukan asal darah, jika tampak mencurigakan, segera cari dokter spesialis yang dapat membantu Anda. Jika penglihatan Anda menjadi kabur dan merasakan sakit tidak tertahankan, segera cari pertolongan medis.