Apa penyebab benjolan di belakang kepala?

BP Info Penanya: BP
hallo doktaun kemrin dikepala belakang saya ada benjolan kecil dikanan kiri trs sekarang benjolan itu membesar dan keras. tp tidak ada gejala yg aneh. di sentuhpun tidak sakit. tp jadi besar nya itu jaraknya lamatrimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, BPD.

Kepala adalah bagian penting dari tubuh manusia. Pada kepala, terdapat otak, pembuluh darah, dan persarafan. Untuk melindungi organ-organ tersebut, kepala diselimuti dengan tulang tengkorak yang keras.

Penyebab Benjolan di Belakang Kepala

Benjolan pada belakang kepala yang Anda alami bisa muncul dari kulit, tulang, maupun organ dalam kepala. Berikut kemungkinan penyebabnya:

  • Cedera kepala karena benturan tidak sengaja
  • Lipoma, yaitu tumor jinak dari jaringan lemak
  • Exostosis, yaitu pertumbuhan tulang di atas tulang lainnya
  • Kista epidermoid
  • Pembengkakan kelenjar getah bening, apabila terjadi di bagian bawah

 

Untuk memastikan penyebab pasti benjolan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah onkologi. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukan tindakan biopsi jarum untuk mengetahui penyebab pastinya. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda akan disarankan untuk terapi yang tepat, misalnya obat-obatan atau tindakan operasi.

Sementara, hindari dulu memencet atau memegang benjolan karena memicu infeksi lanjutan, ya. Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi otak kecil ternyata besar bagi kita, salah satunya adalah untuk menjaga keseimbangan

Fungsi Otak Kecil Ternyata Besar Bagi Kemampuan Gerak Kita

Salah satu fungsi otak kecil adalah mengatur gerakan otot kita. Gangguan kemampuan gerak bisa merupakan gejala adanya gangguan pada otak kecil. Kondisi ini bisa terjadi akibat penyakit maupun kecelakaan.