07 Sep 2020, 10:59Infeksi

Benjolan di belakang anus

WA
Info Penanya: WA0
Selamat siang dok, saya mau tanya dokSaya ada benjolan di belakang anus dok. Benjolan itu pecah terus mengeluarkan nanah dan darah dan sekarang ada lubangnya.Itu penyakit apa ya dok?Terima kasih
2944 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi WA,Benjolan di sekitar anus bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti diantaranya adalah akibat abses anus atau adanya kumpulan nanah disekitar anus, fistula ani atau terbentuk saluran dikulit sekitar anus yang bisa berisi nanah, wasir, fissura ani. Apabila terdapat nanah di dalamnya dan pecah, bisa menandakan infeksi yang perlu diberikan penanganan lebih lanjut. Jika berlubang sebaiknya diperiksakan pada dokter spesialis bedah karena seringnya bisa terjadi akibat fistula ani. Fistula ani sendiri perlu dilakukan operasi karena jika tidak bisa menimbulkan infeksi berulang, saluran yang terjadi juga perlu ditutup agar tidak memicu penumpukan nanah kembali.Selain adanya benjolan berisi nanah, fistula ani juga bisa disertai beberapa gejaal seperti:
  • Nyeri saat buang air besar
  • Bau yang tidak sedap dari sekitar anus
  • Buang air besar disertai nanah dann darah
  • Rasa sakit saat duduk atau beraktivitas
  • Masalah di kulit sekitar anus seperti iritasi dan bengkak
  • Demam
Jika tidak ditasi dengan baik, infeksi bisa menjadi lebih berat yang bisa ditandai dengan demam. Jadi sebaiknya segera memeriksakan diri agar segera diberikan penanganan. Apabila nyeri bisa coba mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol. Upayakan luka yang terbuka dari benjolan tersebut tetap kering dan tidak lembap, bisa tutup menggunakan kassa steril dan ganti pakaian serta pakaian dalam lebih sering. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penyakitinfeksi bakterinyeri anus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil