Benjolan di bawah lidah, apakah karena panas dalam?

SA Info Penanya: SA
di mulut bagian bawah lidah yang dekat dengan gusi.. ada benjolan.. tetapi sudah mengecil kembali.. kata ibu saya itu akibat panas dalam.. apakah benar kalau itu hanya gejala dari panasdalam??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SA.

Benjolan adalah tonjolan yang tidak seharusnya ada. Tiap benjolan memiliki ciri-ciri yang berbeda, mulai dari ukuran sampai konsistensinya. Benjolan dapat timbul di bagian tubuh mana saja, termasuk di lidah. 

Penyebab Benjolan pada Lidah

Benjolan pada lidah bisa terjadi di atas ataupun bawah lidah. Penyebabnya bervariasi, di antaranya:

  • Sariawan lidah
  • Cedera, karena tidak sengaja tergigit saat mengunyah makanan
  • Papillitis, yaitu peradangan papila lidah
  • Alergi makanan atau minuman yang dikonsumsi
  • Infeksi jamur
  • dan lain-lain.

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, panas dalam biasanya berhubungan dengan nyeri tenggorokan atau nyeri menelan. Hal ini paling sering disebabkan oleh radang tenggorokan (faringitis), yang mungkin saja disertai dengan kondisi-kondisi benjolan lidah seperti sariawan atau papillitis. 

Apabila benjolan lidah Anda mengecil bersamaan dengan hilangnya gejala panas dalam, ada kemungkinan kedua hal tersebut berhubungan. Untuk sementara, Anda dapat memantau benjolan lidah tersebut, sambil menunggu panas dalam Anda sembuh sempurna. Agar cepat kembali normal, konsumsi makanan yang membantu penyembuhan panas dalam, hindari makanan pedas dan berminyak, serta konsumsi air putih yang cukup, ya. 

Jika tiba-tiba benjolan membesar atau muncul di tempat lain pada rongga mulut, Anda dapat memeriksakan ke dokter gigi. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bagian-bagian lidah dan fungsinya perlu dikenali secara lengkap

Mengenal Si Pengecap Rasa, Ini Bagian-bagian Lidah dan Fungsinya

Bagian-bagian lidah dan fungsinya, tidak sesederhana keliatannya. Ada banyak yang menyusun organ yang satu ini, mulai dari otot, papila, hingga saraf. Fungsinya pun lebih dari sekadar indra pengecap.