Benjolan di bawah hidung mengeluarkan darah

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 24 Tahun
DokterSaya ada benjolan di bawah hidung sayaNah, benjolan nya seperti kutil dan besar nya jga smaTapi,Kalau di tekan benjolan nya mengeluarkan darah, Awal nya saya pikir sperti jerawat sekali tekan langsung mati eh ternyata ini gk jerawatIni sakit apa ya dokterKutil atau daging tumbuh?Mohon info nya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SS,

Benjolan pada kulit wajah bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:

  • Jerawat karena infeksi bakteri
  • Infeksi virus seperti kutil, molluscum contagiosum, atau herpes
  • Peradangan pada saluran rambut atau folikulitis
  • Nevus atau tahi lalat
  • Kista atau adanya kantung dapat berisi cairan

Untuk itu jika sudah berulang kali dan timbul tanda peradangan seperti nyeri, kemerahan, bengkak, keluar darah maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter untuk memastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Jika penyebabnya adalah infeksi maka perlu dilakukan perawatan luka dan pengobatan baik dengan obat antibiotik minum atau oles sesuai resep dokter. Jika timbul nyeri maka bisa juga ditambahkan obat pereda nyeri seperti paracetamol.

Hindari memecahkan benjolan tersebut karena bisa menimbulkan iritasi ataupun infeksi berulang terlebih jika tangan kotor. Jaga agar benjolan tidak kotor dan pecah. Bersihkan pencukur setelah bercukur karena pisau cukur juga bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya infeksi di area tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati bisul dengan alami dapat menggunakan bubuk kunyit

7 Cara Mengobati Bisul yang Menjengkelkan

Bisul adalah penyakit kulit yang dapat diatasi dengan berbagai bahan alami. Beberapa cara mengobati bisul dengan bahan alami, antara lain bubuk kunyit, minyak jarak, garam epsom, minyak mimba, dan tea tree oil.