Benjolan di bawah dagu dekat leher

MR Info Penanya: MR, Wanita, 19 Tahun
Dok, saya punya benjolan sebesar kelereng dibawah dagu dekat leher. Benjolan ini udh cukup lama dok, sekitar 2 minggu lebih. Terkadang terasa nyeri ketika ditekan, tapi tderkadang juga tidak nyeri dok. apakah ini gejala penyakit serius dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan di bawah dagu seringkali dianggap penyakit yang serius seperti kanker. Padahal, tidak selalu benjolan tersebut merupakan benjolan kanker. Masih banyak penyebab benjolan di bawah dagu yang lain. 

Berikut beberapa penyakit yang bisa menyebabkan benjolan di bawah dagu, yaitu:

  • Pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Kista.
  • Fibroma.
  • Lipoma.
  • Kanker. 
  • Kondisi medis yang lain, yaitu: gigitan serangga, bisul, reaksi alergi makanan, jerawat, radang amandel, gondok, lupus, dll

Untuk memastikan benjolan yang Anda alami ini berbahaya atau tidak, sebaiknya harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam. Sehingga dapat segera diterapi dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bisul dan gangguan kulit lainnya dapat dicegah dengan mengatur pola makan dan mengurangi berat badan

Mengurangi Berat Badan untuk Cegah Bisul dan Masalah Kulit Lainnya

Kegemukan menjadi salah satu faktor risiko munculnya masalah-masalah pada kulit, seperti bisul. Jika butuh alasan lebih untuk mulai mengurangi berat badan, simak deretan masalah kulit yang bakal berkurang dengan menurunnya bobot tubuh berikut ini.