Benjolan di bahu terkadang kempes lalu mengeras lagi, Apakah itu berbahaya?

MM Info Penanya: MM, Wanita, 21 Tahun
Assalamualaikum dok. Dok sudah beberapa tahun terakhir ada benjolan di bahu, sudah minum beberapa obat herbal dan juga obat dari resep dokter tapi belum hilang. paling kadang kempes, terus mengeras lagi, kalau minum habbatussauda benar2 berefek baik. apakah itu berbahaya atau tidak? dan apakah harus dilakukan pengangkatan? Terima kasih. Wassalamu alaikum.Muthma Munir
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam MM,

Waalaikumsalam, Benjolan di bahu adalah hal yang sebagian orang alami. Benjolan tersebut bisa muncul dengan bervariasi ukuran, lebar maupun sensasi yang ditimbulkan. Pada umunya hal ini dianggap biasa oleh sebagian besar masyarakat namun sebaiknya juga perlu diwaspadai terlebih kalo benjolan itu menimbulkan rasa tidak nyaman maupun nyeri dan sering hilang timbul.

Beberapa kelainan yang dapat menyebabkan benjolan yakni :

  1. Keratosis seboroik, bentuk seperti kutil berwarna gelap. Benjolan ini berbentuk bulat dan kasar serta mempunyai sifat jinak, namun benjolan ini bisa memicu kanker kulit sehingga diperlukan pemeriksaan biopsi kulit untuk menentukan prognosa benjolan tersebut.
  2. Kista epidermoid, bentuknya bulat,keras dan berisi nanah. Biasanya terasa nyeri ketika disentuh karena ada infeksi bakteri juga mempengaruhi pembentukanya.
  3. Dermatofibroma, bentuknya bulat berwarna merah atau kecoklatan. benjolan ini tidak nyeri dan tidak mengganggu sehingga bisa diambil dengan tindakan operasi kecil oleh dokter.
  4. Lipoma, bentuknya bulat, lunak ketika disentuh dan tidak nyeri. Benjolan ini disebabkan penumpukan atau perkembangan abnormal dari sel lemak di bawah kulit. Benjolan ini biasanya di bahu, punggung dan lengan. Benjolan ini tidak berbahaya dan bisa diangkat melalu prosedur operasi.

Ditinjau dari keterangan Anda, keluhan Anda lebih mengarah ke poin ke 4 yakni Lipoma. Sebaiknya Anda konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar didapatakan penanganan lebih lanjut.

Berikut saya sertakan artikel cara mengatasi benjolan lipoma sesuai anjuran dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

 

 

MM
22 Oct 2019, 21:39
Terima kasih dok Zuhda.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Timbulnya masalah ginjal dan jantung ialah salah satu bahaya sedot lemak.

Bahaya Sedot Lemak Bagi Tubuh, Apa Saja Risikonya?

Operasi sedot lemak bukanlah metode untuk menurunkan berat badan. Sebelum Anda menjalaninya, ada baiknya memahami berbagai efek samping dan bahaya sedot lemak bagi tubuh.