21 Dec 2019, 15:27Kulit & Kelamin

Benjolan di bagian kewanitaan

T
Info Penanya: T0
Dok saya berusia 21 tahun. Saya menemukan benjolan di labia mayora. Benjolan tersebut kecil seperti jerawat wajah dan mempunyai mata. Benjolan tersebut terasa sakit apabila disentuh seperti sakitnya jerawat. Saya merasa benjolan tersebut semakin lama semakin membesar. Sekiranya benjolan tersebut apa ya dok? Dan bagaimana cara mengatasinya? Apabila benjolan tersebut jerawat, apakah boleh menggunakan cethapil untuk mengobatinya? Mohon bantuannya dokter dan Terimakasih:))
35266 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, T.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Benjolan pada vagina dapat disebabkan oleh berbagai keadaan dan kondisi medis tertentu. Benjolan tersebut berkisar dari yang ringan seperti jerawat hingga yang lebih berat seperti kista atau kutil kelamin.

Terkait dengan keluhan benjolan Anda yang menyerupai jerawat pada vagina, dapat disebabkan oleh beberapa keadaan berikut, diantaranya adalah :

Untuk mengatasi benjolan tersebut, perlu terlebih dahulu diketahui penyebabnya, agar pengobatan yang diberikan sesuai. Maka sebaiknya diperiksakan dahulu ke dokter terdekat sebelum Anda mencoba produk tertentu.Sementara Anda dapat mengompres benjolan tersebut dengan kompres kain yang dibasahi oleh air hangat, hindari memencet benjolan dan senantiasa menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Bersihkanlah daerah kewanitaan dari arah depan ke belakang, dan hindarilah pemakaian sabun khusus kewanitaan karena dapat mengganggu keseimbangan Ph di vagina. Gunakanlah pakaian dalam yang menyerap keringat berbahan katun dan ketika haid upayakan untuk mengganti pembalut secara rutin dan tidak dibiarkan seharian.Berikut saya lampirkan artikel terkait jerawat pada vagina serta beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina sebagai informasi tambahan.Apabila keluahan semakin memburuk, segeralah berobat dan jika keluhan terasa sangat mengkhawatirkan sebaiknya Anda berobat langsung kepada dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
jerawatbenjolkesehatan wanitakesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil