Benjolan di atas kelamin pria, karena apa ?

D Info Penanya: D, Pria
Malam Dok.Mau tanya saya punya benjolan diatas kelamin.disekitar rambut.Benjolan sebesar kacang tanah dan tidak mengalami pembesaran lagi.Tidak nyeri juga tapi sangat mengganggu.Benjolan tersebut apa ya Dok?Dan bagaimana cara mengatasinya.atau obat apa yg harus saya konsumsi untuk penyembuhan benjolan tersebut.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, D.

Benjolan merupakan bagian kulit yang menonjol dan dapat terjadi di bagian tubuh manapun. Benjolan di atas kelamin khususnya di darah yang berambut (pubis) dapat terjadi karena berbagai faktor yang berhubugan dengan infeksi, tumor jinak, maupun keganasan. 

Adapun beberapa faktor penyebab benjolan pada pubis tersebut yang meliputi :

  • jerawat
  • folikulitis, peradangan akar rambut yang berbentuk seperti jerawat
  • kutil
  • skin tag, benjolan yang sewarna kulit
  • herpes genitalis, infeksi virus
  • kista
  • dan lain-lainnya

Mengenai keluhan yang Anda alami, dapat disebabkan oleh salah satu kondisi medis diatas, namun untuk memastikannya perlu diperiksakan terlebih dahulu. Begitu pula dengan pengobatannya. Setiap kelainan akan berbeda pengobatannya, maka dari itu perlu dipastiian terlebih dahulu.

Pada gangguan yang juga disebabkan oleh aktivitas bakteri, seperti jerawat atau folikulitis, dokter mungkin akan memberikan salep antibakteri. Tetapi pada gangguan yang lain, dibutuhkan obat jenis lainnya.

Untuk sementara Anda dapat mengompres benjolan dan hindari menggaruknya. Senantiasa menjaga kebersihan di area tersebut dan hindari keadaan lembap dengan lebih sering mengganti pakaian dalam. 

Jika keluhan berlanjut, periksakanlah pada dokter Spesialis Kulit secara langsung.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati

Mengapa Shampo Kutu Kadang Gagal Hilangkan Kutu Rambut?

Efektivitas produk sampo antikutu lambat laun menurun dalam membasmi kutu rambut. Hal ini disebabkan kutu rambut telah kutu rambut bermutasi genetik dan kebal. Salah satu cara menghilangkan kutu rambut adalah rutin menyisir rambut dengan sisir serit.