benjolan di anus dan bisa dimasukkan pakai jari

JS Info Penanya: JS, Pria, 2019 Tahun
Pagi dok, saya ingin bertanya. Klw saya lgi BAB ada benjolan di anus saya dan saya masukkan pake jari itu gejala apa ya dok.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi J

Benjolan di anus saat BAB dan bisa dimasukkan lagi biasanya adalah hemorrhoid atau ambeien. Benjolan tersebut adalah pelebaran pembuluh daraf vena pleksus hemoroid di anus yang melebar karena kebiasaan mengedan dan BAB keras, benjolan tersebut dapat berdarah dan hilang timbul pada tahap awal. Jika benjolan berdarah maka dapat membuat anemia karena perdarahan. Benjolan juga dapat membuat nyeri dan jika sudah berat makan tidak bisa di masukkan lagi. 

Saya sarankan agar anda mengkonsumsi makanan tinggi serat agar BAB lancar dan tidak keras sehingga tidak membuat ambeien semakin membesar. Untuk tatalaksan lanjutan anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah (Sp.B) untuk memeriksa benjolan tersebut, tatalaksana lanjutan biasanya ambeien harus di operasi

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hemoroid adalah pembengkakan pembuluh darah di anus yang menyebabkan benjolan yang terasa nyeri

Mengenal Hemoroid, Penyebab Nyeri dan Benjolan di Anus

Hemoroid adalah kondisi pembesaran pembuluh darah di area sekitar anus dan rektum. Kondisi ini juga sering disebut sebagai wasir atau ambeien. Meski terasa nyeri dan sangat mengganggu, pengobatan hemoroid sebenarnya tidaklah sulit.