21 May 2021, 10:33Kanker

Kanker payudara apa bisa kambuh?

KK
Info Penanya: KK0
Dok, ibu saya punya kanker payudara, dulu sdh pernah melakukan operasi pengangkatan tumor, tapi masih terasa ada 2 benjolan di tempat yg sama (di dlm payudara kiri), ibu saya juga terkadang masih merasakan sakit. Lalu kondisi skrng ada benjolan yg muncul keatas permukaan kulit, diameter sekitar 3 cm, posisi diatas puting. Selama ini ibu saya selalu menjaga makanan & mengonsumsi obat herbal sprti air parutan buah bit, air rebusan daun sirsak, teh benalu & saffron. Mohon penjelasan & sarannya dok.
304 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang KK,Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang banyak dialami oleh wanita dan tidak bisa disepelekan karena harus ditangani secepat mungkin sebelum kankernya menyebar.

Gejala kanker payudara:

  • Teraba benjolan di payudara yang keras dan terasa menempel di payudara tidak bisa digerakkan.
  • Kulit payudara tampak seperti kulit jeruk.
  • Putting biasanya akan tertarik ke dalam.
Perihal kondisi ibu Anda yang dulu sudah pernah dioperasi kankernya namun sekarang muncul kembali benjolan di payudara maka tentunya harus dilakukan pemeriksaan ulang. Karena bisa saja kankernya kambuh kembali atau ada penyebab benjolan lainnya.

Penyebab benjolan lain di payudara:

  • Lipoma atau benjolan lemak.
  • Abses payudara. Muncul benjolan merah dan tampak bernanah. Benjolan akan terasa nyeri hingga badan bisa terasa meriang.
  • Pembesaran kelenjar getah bening.
  • Atherom.
  • Kista.
Pastikan untuk tidak menekan-nekan benjolan dan gunakan bra yang longgar agar tidak menekan benjolan. Segera lakukan USG payudara atau langsung konsultasi dengan dokter bedah untuk memastikan penyebabnya.Salam sehat,dr. Vina
kanker payudaratumor jinak payudaraabses payudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil