Benjolan berwarna merah di leher

N Info Penanya: N, Wanita, 25 Tahun
Sore Dok, ada benjolan berwarna merah di leher saya dan saya baru menyadarinnya baru-baru ini. Apakah benjolan tersebut merupakan gejala atau tanda dari kelenjar TBC? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Ibu N,

Ciri-ciri TBC kelenjar adalah sebagai berikut :

  • Benjolan tumbuh tunggal atau berkelompok berjajar seperti tasbeh pada leher dibawah telinga ke arah rahang bawah
  • Benjolan juga dapat tumbuh di lipat ketiak dan lipat paha
  • Bila benjolan pecah akan mengeluarkan isi seperti cairan bernanah (namanya scrofuladerma)
  • Diawali dengan suhu tubuh yang naik atau demam berkepanjangan, batuk, turunnya nafsu makan dan berat badan berkurang dengan cepat.
  • Benjolan tidak sakit, tidak berwarna merah, dan tidak terasa panas
  • Benjolan akan terus tumbuh menjadi lebih dari satu
  • Benjolan yang pecah akan menyebabkan kulit menjadi koreng atau luka terbuka

Bila dijumpai tanda dan gejala seperti disebutkan maka untuk memastikan diagnosis, Dokter akan melakukan pemeriksaan biosi yaitu dengan mengambil sebagian kecil dari jaringan di benjolan dan melakukan pemeriksaan dibawah mikroskop. Bila telah diyakinkan bahwa benjolan merupakan TBC kelenjar maka akan dilakukan pemberian OAT (Obat Anti Tuberkulosa) dengan jangka waktu sembilan bulan sampai 12 bulan, karena pengobatan TBC Kelenjar memerlukan waktu lebih lama untuk sembuh.

Saran kami, sebaiknya Ibu mengunjungi Dokter Spesialis Bedah umum (SpB) untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut. Pengobatan dan penanganan yang lebih cepat akan memberikan hasil yang kesembuhan yang lebih optimal

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.