15 Jun 2021, 00:11Penyakit Lainnya

Apa saja penyebab benjolan bernanah pada tubuh?

IU
Info Penanya: IU0
Permisi... Saya mau tanya dok, usia saya 29 tahun, 3 tahun yg lalu saya melahirkan normal. Hari ini dibekas jahitan melahirkan itu ada benjolan bernanah, perih dn sedikit gatal. Maaf itu kenapa ya dok? Terimakasih sebelumnya
86 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ITerima kasih atas pertanyaan AndaBenjolan bernanah pada kulit bisa terjadi karena beberapa penyebab dan bisa terjadi di area tubuh manapun. Termasuk pada area kulit bekas luka. Kelhan ini bisa diertai dengan gejala penyerta seperti kemeraham terasa nyeri, demam dan lain sebagianya.

Beberapa penyebab benjolan bernanah pada tubuh di antaranya adalah:

  • Jerawat
  • Folikulitis
  • Abses, yaitu benjolan yang berisikan nanah
  • Infeksi bakteri pada kulit
  • Peradadangan kulit atau sering disebut dengan istilah dermatitis
  • Gigitan serangga
  • Kondisi medis yang lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, jika luka bekas jahitn saat melahirkan sudah terjadi 3 tahun yang lalu, seharusnya luka jahitan sudah membaik. Keluhan benjolan disertai nanah yang terjadi pada Anda, salah satunya bisa disebabkan oleh kondisi di atas. Lakukanlah pemeriksaan ke dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan dan tatalaksana lebih lanjut. Usahakan menjaga kebersihan area kemaluan, konsumsi makananan yang bergizi, biasakan membersihan kemaluan setelah BAK atau BAB, ganti pakaian dalam Anda saat berkeringat atau lembab serta gunakan pakaian dalam yang terbuat dari kain katun dan hindari menggunakan celana dalam atau celana yang tertalu ketat. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
benjollipomafolikulitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil