Benjolan berisi cairan di belakang telinga yang sering ada lagi.

SI Info Penanya: SI, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mau tanya kenapa di belakang daun telinga saya sering ada benjolan tapi ber air, dan kalo benjolan nya udah kempes itu sering ada lagi ,udah saya periksa ke rs tapi dokter nya malah bingung, mohon jawaban nya yah dok 🙏
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SI

Benjolan di belakang telinga, tinggal dilihat apa saja yang bisa ada di situ. Bisa dari kelenjar minyak, kelenjar keringat, dan kantung folikel rambut. Memang yang tampak ke permukaan adalah benjolan yang berisi cairan, tapi di bawah kulit kemungkinan berbentuk seperti kantung yang bisa berisi bakteri. Sehingga saat pecah atau mengempes, bagian yang dibawah kulit masih tetap aja.

Beberapa contoh gangguan kulit yang bisa terjadi adalah jerawatlipomadermatitis seboroik, atau folikulitis. Masing-masing berbeda penyebabnya sehingga anda perlu konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit untuk mendapat penanganan yang tepat. Bisa dengan menggunakan obat krim/salep serta tindakan tertentu sesuai arahan dari dokternya nanti.

Selain itu anda perlu menjaga kebersihan kulit kepala anda, menjaga agar tidak berminyak/terlalu kering, penggunaan sampo secara teratur dan bila ada penggunaan produk perawatan kulit kepala bisa diskusi dengan dokternya nanti.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

SI
19 Oct 2019, 11:55
Apa itu penyakit yang berbahaya dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vaginitis adalah proses peradangan pada vagina yang umumnya disebabkan oleh infeksi

Apakah Perlu ke Dokter Saat Alami Vaginitis?

Vaginitis adalah proses peradangan pada vagina yang umumnya disebabkan oleh infeksi. Biasanya, seorang wanita setidaknya mengalami vaginitis satu kali, dalam hidupnya. Vaginitis sendiri tidak perlu penanganan medis, namun tetap harus diperhatikan.