Benjolan-benjolan pada tangan yang tidak sakit dan tidak membesar

AA Info Penanya: AA, Pria, 30 Tahun
Selamat malam dok.Saya memiliki benjolan benjolan di tangan, tidak sakit, dan tidak membesar, itu apa ya dok? Dengan cara apa saya bisa menghilangkan nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AAB.

Terima kasih atas pertanyaannya.

Benjolan atau yang dalam bahas medis disebut dengan tumor, umumnya terbagi menjadi tumor jinak dan tumor ganas. Namun, pada sebagian kasus, tumor jinak dapat berkembang menjadi keganasan. Berikut beberapa cara untuk mengidentifikasi jenis tumor :

  • tumor jinak : berkonsistensi kenyal, tidak melekat pada jaringan tubuh atau dapat digerak-gerakkan, memiliki batas yang tegas dengan jaringan sekitar
  • tumor ganas : konsistensi keras, melekat pada jaringan tubuh atau tidak dapat digerakan, batas dengan jaringan sekitar samar serta disertai gejala-gejala lain yang mempengaruhi seluruh tubuh (sistemik), seperti nafsu makan yang berkurang secara drastis, penurunan berat badan dan lain-lain.

Benjolan atau tumor pada tangan yang tidak disertai gejala sistemik mungkin berupa tumor jinak, umumnya tumor pada tangan merupakan tumor yang terbentuk dari jaringan lemak yang disebut dengan lipoma. Karena terbentuk dari jaringan lemak maka pada perabaan tumor berkonsistensi lunak atau kenyal, dapat tidak terasa nyeri, dan mudah berpindah atau digerakkan saat disentuh. Namun, untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksakan keluhan Anda ke dokter Spesialis Bedah sehingga Anda dapat mengetahui penyebab dan penanganannya yang sesuai. Jika benjolan yang Anda alami benar berupa benjolan lipoma saya lampirkan artikel mengenai beberapa alternatif penanganan yang dapat disarankan oleh dokter.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lipoma termasuk jenis tumor yang tumbuh di kulit

Termasuk Tumor, Apa Saja Penyebab Lipoma? Ketahui Juga Gejalanya

Lipoma adalah jenis tumor yang tumbuh di kulit. Penyebab lipoma biasanya dipengaruhi oleh faktor keturunan. Gejala lipoma adalah timbulnya benjolan kecil dan lunak pada leher, lengan, bahu.