23 Dec 2020, 06:29Kepala

Benjolan di belakang kepala yang sakit dan gatal

BA
Info Penanya: BA0
Saya memilik benjolan di belakang kepala terasa sakit dan gatal, apakah penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi dan mengobatinya ?
1224 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, BA.Benjolan pada belakang kepala yang nyeri dan gatal paling sering disebabkan oleh folikulitis. Penyakit ini disebabkan oleh peradangan akar rambut, yang kemudian menimbulkan rasa gatal dan perih. Umumnya, kondisi ini tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya.Selain folikulitis, beberapa penyebab lain benjolan pada belakang kepala adalah:
  • bisul
  • abses
  • lipoma
  • penyakit kulit seperti dermatitis seboroik
Untuk sementara, Anda disarankan menjaga kebersihan kulit kepala. Usahakan untuk melakukan keramas secara rutin, dan pilihlah sampo yang rendah bahan kimia. Keringkan kulit kepala dengan menepuk-nepuknya menggunakan handuk setelah selesai keramas, untuk mencegah kondisi kulit menjadi lembab.Apabila keluhan terus berlanjut, atau benjolan semakin besar, atau ada nanah yang keluar, segera periksakan kondisi Anda kepada dokter spesialis bedah. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan, misalnya biopsi jarum atau rontgen. Hasil pemeriksaan kemudian akan dievaluasi. Setelah itu, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai, baik berupa obat-obatan atau saran untuk tindakan bedah tertentu. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kesehatan kulit kepalapenyakit kepalalipoma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil