29 May 2021, 13:33Kulit & Kelamin

Benjolan pada penis apa penyebabnya?

X
Info Penanya: X, Pria, 13 Tahun
Hallo, Dok. Saya remaja laki-laki berumur 13 tahun. Sebelum saya melakukan masturbasi mandiri, secara tiba-tiba muncul benjolan pada Batang penis.. kondisi penis pada saat itu sedang ereksi, Dok. Benjolan pada Batang Penis ini saya telah diamkan selama sehari lamanya, Dok.. dan sampai sekarang pun tak kunjung menghilang. Mohon informasi lebih lanjut, Dok.
315 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam X,Masturbasi adalah kegiatan merangsang diri sendiri untuk mencapai kepuasan seksual. Hal ini sebenarnya boleh saja dilakukan karena memang memiliki efek positif seperti mengurangi rasa stres, meningkatkan kualitas tidur, dan tentunya badan akan terasa santai. Namun jika dilakukan secara terus menerus maka akan menimbulkan kecanduan dan trauma pada penis.

Perihal benjolan yang muncul pada penis bisa terjadi akibat:

  • Pelebaran pembuluh darah yang biasanya terjadi ketika penis ereksi dan akan kembali kempes jika penis sudah tidak ereksi.
  • Limfokel.
  • Kutil kelamin.
  • Kista.
  • Keloid. Adanya luka lecet pada penis biasanya proses penyembuhannya akan menimbulkan jaringan parut yang disebut dengan keloid.
Penanganan terhadap benjolan di penis Anda tentunya perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Karena berbeda penyebab akan berbeda pula penanganannya. Yang pasti yang perlu Anda lakukan adalah membatasi kebiasaan masturbasi sebelum Anda kecanduan. Lakukan kegiatan lain yang jauh lebih berguna seperti olahraga. Lakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin untuk memastikan penyebab benjolan di penis Anda.Salam sehat,dr. Vina
benjolkutil kelaminkulup peniskeloid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil