Apa penyebab benjolan di kelopak mata?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 20 Tahun
Dok di mata saya kan ada benjolan di bagian kelopak mata bagian atas sebelah kanan benjolan udh dari pas akhir bulan November 2019 tapi sekarang juga benjolan nya masih ttp ada tapi tidak sakit.Pas awal Munjul emng terasa aga sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan pada kelopak mata sering dikenal dengan penyakit bintitan dan kalazion. Kedua kondisi penyakit mata ini berbeda. Bintitan atau hordeolum merupakan benjolan di kelopak mata yang berbentuk seperti jerawat dan terkadang terasa nyeri. Kondisi ini disebabkan karena infeksi bakteri yang menyerang kelenjar minyak di kelopak mata. Gejala dari hordeolum itu sendiri yaitu benjolan merah dengan titik nanah di tengah, mata sensitif terhadap cahaya, gatal, dan mata cenderung menghasilkan lebih banyak air mata. Untuk mengatasi penyakit ini, biasanya dokter mata akan memberikan antibiotik tetes mata atau krim antibiotik mata. Lalu, jaga kebersihan area mata, kompres hangat area yang bintitan, hindari dulu pemakaian kosmetik di mata, dan bintitan jangan dipencet dengan tangan yang kotor.

Sedangkan kalazion adalah pembengkakan atau di kelopak mata tanpa nyeri. Biasanya kondisi ini bisa menghilang dengan sendirinya, tetapi bisa juga menetap. Penyebab dari kalazion itu sendiri yaitu adanya sumbatan pada kelenjar meibom di bagian atas dan bawah kelopak mata. Gejalanya yaitu berupa munculnya benjolan kecil di kelopak mata, bengkak, mata berair, iritasi ringan di mata, penglihatan kabur. Untuk mengobati kondisi ini, bisa dengan kompres air hangat di kelopak mata selama 10 menit setiap harinya, tidak memencet-mencet benjolan, mencuci tangan sebelum memegang area mata, dan penggunaan krim kelopak mata atau obat tetes mata.

Untuk mengetahui secara pasti, apa penyebab benjolan di mata Anda ini, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter mata agar dapat diperiksa secara langsung dan diberikan terapi yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sumber vitamin A baik untuk mata minus anak

Atasi Rabun Jauh Anak dengan 5 Vitamin Ini

Beberapa kebiasaan anak dapat menyebabkan anak mengalami rabun jauh, salah satunya adalah bermain gadget atau game di komputer. Beberapa vitamin dapat membantu anak anda jauh dari mata minus atau rabun jauh. Vitamin C, A, E, B3, dan B2 dapat mengatasi rabun jauh.