02 Oct 2021, 00:22Penyakit Lainnya

Memar, bengkak, sakit kalau ditekan bagaimana mengatasinya?

SY
Info Penanya: SY0
Malam dok.. anak saya aktifitasnya memang aktif taekwondo juga dance. Sebelumnya bagian paha terasa bengkak agak memar, coba minum obat pereda bengkak. Setelah 3 hari minum obat seperti muncul benjolan,ditekan atau tersenggol sakit.Dan agak kemerahan.. Mohon dibantu dok infonya.. terima kasih
197 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi SYMemar menandakan adanya pembuluh darah tepi yang pecah di bawah kulit yang ditandai dengan munculnya warna merah keunguan atau kebiruan, yang berangsur-angsur, hijau kekuningan hingga menghilang sendirinya. Memar bisa dipicu oleh karena benturan atau cedera tumpul, penggunaan otot berlebih dan bisa juga menandakan adanya suatu kondisi medis lainnya seperti kelainan pembekuan darah, kanker, genetik, defisiensi vitamin K dan C, usia, dan sebagainya.

Penyebab Memar Dan Bengkak

Pada anak anda, memar yang terjadi kemungkinan besar diakibatkan cedera saat melakukan olahraga taekwondo atau dipicu penggunaan otot berlebih. Memar bisa disertai dengan bengkak, nyeri dan panas dimana terjadi peradangan pada bagian otot sehingga terkadang membuat sulit melakukan aktivitas sehari-hari.

Cara Mengatasi Memar 

Untuk mengatasi keluhan bengkak dan memar ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan pada anak. Cara mengatasinya adalah:
  • Bila masih bengkak dan merah dikompres es
  • Boleh konsumsi pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen
  • Jangan dipijat atau ditekan-tekan
  • Berikan krim atau gel heparin
  • Hindari beraktivitas berat atau penggunaan otot berlebih pada bagian memar
  • Perbanyak minum air putih dan makanan bergizi untuk penyembuhan
Bila memar tidak segera membaik dan dirasakan keluhan semakin berat anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk anak anda.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
olahragamemarcederacedera paha
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil