Bengkak pada mata sebelah kiri, apa penyebabnya?

AH Info Penanya: AH, Wanita, 26 Tahun
Dok anak saya umur 2 tahun, jd matanya bengkak kok, emang belakangan saya kasih lauk untuk makannya telor terus terusan dok, krna anak saya cm mau makan kalau lauknya telor dok. Dan ini sudah hmpir 1 bulan bengkak mata anak saya ini dok, awal muncul bengkak hanya kecil dok, makin hari makin besar dok, dan bagian bawah mata juga bengkak skrg dok.cara mengobatinya gmn ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Mata bengkak bisa disebabkan karena berbagai hal mulai dari infeksi, alergi, terlalu banyak menangis, dll. Kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya, tetapi bisa juga menetap. 

Beberapa penyebab mata bengkak, yaitu:

  • Bintitan.
  • Terlalu banyak menangis.
  • Alergi.
  • Konjungtivitis (infeksi yang diakibatkan karena bakteri, virus, ataupun alergi).
  • Kalazion.
  • Selulitis orbita.

Terkait dengan gejala yang anak Anda alami ini, kemungkinan penyebabnya bisa jadi karena salah satu kondisi diatas, yaitu akibat alergi telur. Untuk pengobatannya, harus diketahui secara pasti apa penyebabnya sehingga pengobatannya pun tepat sasaran. 

Oleh karena itu, saya menyarankan Anda membawa anak Anda untuk periksa ke dokter mata agar diperiksa lebih lanjut dan diberikan obat yang tepat. Untuk sementara, yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bengkak pada mata adalah dengan cara mengompres air hangat di area mata setiap hari dan mata tidak boleh dikucek.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit yang muncul setelah terjadinya letusan gunung berapi biasanya seputar masalah pernapasan

Ini 3 Penyakit Akibat Pencemaran Gunung Meletus yang Harus Diwaspadai

Gunung meletus adalah bencana alam yang mengakibatkan pencemaran udara. Abu dan gas dari letusan gunung dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan, gangguan pada mata, dan penyakit kulit. Salah satu langkah yang harus dilakukan setelah gunung meletus adalah menggunakan masker.