17 Mar 2020, 14:37Kanker

Bengkak pada leher, apakah gejala kanker kelenjar getah bening?

PF
Info Penanya: PF, Pria, 39 Tahun
Sudah beberapa hari ini saya merasa ada seperti benjolan yang bergerak ketika dipegang pada area leher, dok. Tidak sakit, dan tidak ada tanda kemerahan. Apakah ini kanker kelenjar getah bening?
22284 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, PF.Kelenjar getah bening adalah salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Apabila ada bakteri, virus, ataupun benda asing yang masuk ke dalam tubuh, sel-sel yang ada dalam kelenjar getah bening akan menangkap benda asing tersebut, dan menghancurkannya.

Benjolan pada Kelenjar Getah Bening

Pada leher, terdapat puluhan kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening pada leher dapat terjadi karena:

1. Infeksi

Infeksi pada kelenjar getah bening yang menyebabkan peradangan disebut limfadenitis. Infeksi ini bisa disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun jamur.

2. Tuberculosis

Kuman Mycobacterium tuberculosis juga mampu menginfeksi kelenjar getah bening. Penyakit ini dikenal sebagai limfadenitis TB.

3. Gigi berlubang

Apabila gigi yang berlubang sudah mencapai syaraf, biasanya akan menginfeksi jaringan di sekitarnya, termasuk pembuluh dan kelenjar getah bening.

4. Kanker kelenjar getah bening

Kanker kelenjar getah bening disebut juga sebagai limfoma. Selain benjolan, biasanya penderita mengalami gejala lain, seperti turun berat badan dan lemas. Pada stadium lanjut, biasanya selain di leher, benjolan juga terdapat di tempat lain seperti ketiak atau selangkangan.Apabila Anda mengalami benjolan pada kelenjar getah bening, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi dan onkologi (Sp.PD-KHOM). Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan jika diperlukan, tes laboratorium seperti darah rutin dan laju endap darah, biopsi jarum halus, atau USG leher. Setelah mengetahui penyebab pastinya, dokter akan memberikan terapi yang sesuai untuk Anda.Terima kasih telah bertanya di forum SehatQ. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia V
kelenjar getah beninglimfomapembesaran kelenjar getah beninglimfadenopati
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil