Benjolan pada bibir vagina, apa penyebabnya?

NF Info Penanya: NF, Wanita, 20 Tahun
muncil benjolan kecil di pinggiran bibir vagina sebelah kanan (persis disamping lubang) dan klitoris sy bengkak serta kemerahan disebelah kiri, tolong cara mengatasinya, benjolan kecil sudah lebih dr seminggu dan tdk sakit, bengkak pada klitoris baru mulai malam ini dan sy tdk bisa tidur
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Benjolan merupakan terjadinya ketidakrataan permukaan pada tubuh bisa dikarenakan adanya masa baik diluar kulit maupun didalam kulit. Benjolan bisa muncul pada seluruh area tubuh tanpa terkecuali baik pada wanita paupun pria disegala lapisan usia. Termasuk pada area alat kelamin, yaitu vagina.

Adapun beberapa penyebab benjolan pada area sekitar vagina yaitu:

  • Adanya infeksi menular seksual (seperti hepes genital, kutil kelamin, dan lain sebagainya)
  • Adanya kista (benjolan yang disebabkan oleh adanya kantung yang berisi cairan) pada area vagina, seperti kista kelenjar bartholin
  • Adanya lipoma
  • Adanya tumor / kanker pada area vagina
  • Adanya kondisi medis lain terkait kesehatan organ reproduksi wanita

Untuk dapat memastikan penyebab nya dan dilakukan pengobatan yang sesuai, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Oleh sebab itu, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik serta beberapa pemeriksaan penunjang jika diperlukan.

Beberapa tindakan sementara yang bisa Anda lakukan adalah dengan tidak menyentuh benjolan tersebut terlalu sering terlebih bila belum cuci tangan, jaga kebersihan area kewanitaan, gunakan pakaian dalam dengan bahan katun (menyerap keringat) serta menggantinya 2-3 kali dalam sehari, konsumsi makanan yang bergizi, perbanyak konsumsi sayur dan buah buahan, hindari bergonta-ganti pasangan seksual, dan lakukan olahraga ringan supaya badan tetap sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selaput dara buatan dipercaya dapat mengembalikan selaput dara yang robek akibat aktivitas seperti berkuda

Selaput Dara Buatan, Keperawanan Palsu yang Bisa Bahayakan Vagina

Penggunaan selaput dara buatan bisa mengakibatkan infeksi vagina. Pasalnya, produk ini beredar tanpa izin BPOM sehingga tidak diketahui secara pasti material pembuatnya.