bengkak di langit-langit mulut mulut

W Info Penanya: W, Wanita, 20 Tahun
hai dok langit mulut sy tergores makanan beberapa hari lalu,lalu timbul bengkak kecil yang semakin hari semakin membesar hingga keluar nanah,sy sudah mencoba untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi sehabis makan dan rajin berkumur dengan air garam.kalau blh tau apa ada obat untk mslh radangnya dok?lalu jika nanah dari berjolan keluar apakah boleh sy tekan dok benjolannya untuk keluarkan nanah&apakah pembengkakan di langit mulut karena tergores makanan adalah hal yg wajar terjadi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang W,

Bengkak di langit-langit mulut atau pada palatum adalah keluhan yang bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti diantaranya karena peradangan ataupun infeksi. Bengkak pada langit-langit juga bisa terjadi karena adanya trauma ataupun alergi. 

Penyebab bengkak pada langit-langit mulut

Beberapa penyebab bengkak pada palatum diantaranya adalah:

  • Reaksi alergi
  • Adanya kantung berisi nanah atau disebut abses
  • Infeksi pada gigi seperti gigi berlubang atau infeksi gusi
  • Adanya trauma pada langit-langit mulut yang bisa menyebabkan sariawan
  • Kebersihan mulut yang kurang terjaga
  • Kebersihan mulut yang kurang baik 
  • Karena kebiasaan yang kurang baik seperti merokok dan minum-minuman beralkohol

Apabila ada nanah yang keluar menandakan adanya infeksi, jadi perlu memeriksakan diri pada dokter gigi atau dokter umum terdekat agar diberikan penanganan baik pemberian obat untuk mengurangi nyeri dan juga diresepkan obat antibiotik untuk mengatasi infeksinya.

Anda bisa berkumur dengan obat kumur untuk mengurangi infeksi yang timbul. Hindari makanan yang terlalu panas atau dingin dan makanan yang bisa mengiritasi seperti makanan yang berminyak, bersantan, kopi, soda, ataupun makanan yang memicu alergi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dental floss dapat digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi

Dental Floss Si Pembersih Sela Gigi, Perlukah Penggunaannya?

Para ahli gigi sepakat penggunaan dental floss dapat membersihkan sela-sela gigi. Hal ini juga mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit seperti karies.