Leher bengkak dan nyeri, kenapa?

DM Info Penanya: DM, Pria, 39 Tahun
Malam dok, semoga sehat selaluLangsung saja, saya umur 39 tahun sudah sebulan leher sebelah kanan tepat nya diurat besar yang di leher, kalau di rasa sakitnya di balik urat leher besar itu, dan agak bengkak, sakit nya sampai kepala belakang dan kadang sampai merasa limbung, dan meriang panas dingin, kira2 menurut dokter kenapa ya, terimakasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DM.

Pada leher, terdapat pembuluh darah besar yang denyutnya dapat dirasakan dari kulit, bernama arteri carotis. Selain itu, terdapat juga pembuluh vena, persarafan, otot, serta tendon (jaringan penghubung otot dan tulang). 

Terkait keluhan yang Anda sampaikan, sebetulnya perlu didefinisikan terlebih dahulu urat apakah yang Anda maksud, karena ada orang yang mendefinisikan urat sebagai pembuluh darah, otot, maupun komponen leher yang telah tertulis di atas. Tetapi, yang perlu Anda ketahui, semua komponen leher tersebut bisa saja mengalami peradangan.

Apabila terjadi peradangan, maka akan terjadi demam, nyeri, memerah, dan membengkak pada area tersebut. Peradangan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya infeksi virus, bakteri, kelelahan, maupun kurangnya asupan vitamin B kompleks.

Untuk sementara, Anda bisa mencoba untuk mengistirahatkan leher Anda, hindari dulu menunduk terlalu sering (misalnya saat menggunakan telepon genggam). Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti alpukat, serta mengandung magnesium seperti brokoli atau dark chocolate. Anda juga bisa mengompres leher untuk mengurangi nyeri, atau meminum obat antinyeri yang dijual bebas seperti parasetamol sesuai dosis.

Jika ingin mengetahui penyebabnya secara pasti, berkonsultasilah kepada dokter spesialis penyakit dalam. Dokter mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan, dan memberikan penanganan yang tepat.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang meyakini terapi bekam dapat melancarkan peredaran darah dan membuang darah kotor

Terapi Bekam, Kontroversial tapi Punya Banyak Penggemar

Banyak orang percaya bahwa terapi bekam dapat melancarkan peredaran darah. Jika belum yakin, ada baiknya menunggu penelitian yang benar-benar membuktikan manfaat dari terapi bekam.