Bengkak di pipi kiri karena apa?

YF Info Penanya: YF
Dok dua hari lalu saya sakit radang tetapi sekarang sudah membaik , setelah sakit itu pipi saya kiri dan kanan bengkak dan sakit hingga membuka mulut dan makan pun perih dan sakit tetapi , dipipi saya tidak ada luka kira kira itu kenapa dok terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YF, 

Bengkak di pipi adalah keluhan yang bisa timbul karena beberapa penyebab mulai dari adanya gangguan di rongga mulut dan gigi, adanya peradangan di sendi yang menghubungkan tulang rahang dengan tulang tengkorak atau disebut sendi temporomandibular (Temporo Mandibular Joint), adanya peradangan sinus di tulang pipi, benturan dan lainnya.

Jika memicu sulit membuka mulut dan rasa perih, bisa saja ada gangguan di sendi TMJ. Hal ini bisa dipicu oleh benturan, terlalu lebar membuka mulut saat makan, berbicara, tertawa dan lainnya. Sering kali juga bisa timbul karena bentuk rahang yang kurang baik sehingga tidak mengatup sempurna jadi jika keluhan berulang perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter ataupun dokter gigi untuk memastikan penyebabnya.

Pada dokter gigi nantinya bisa dilakukan pemeriksaan cetak rahang untuk menilai apakah rahang mengatup dengan baik atau tidak. Jika ada masalah dapat dibuatkan retainer untuk membantu memperbaiki letak rahang. 

Untuk sementara bisa juga kompres bagian yang nyeri menggunakan kompres dingin untuk meredakan nyeri dan konsumsi paracetamol untuk meredakan nyerinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Avulsi gigi adalah keadaan yang menyebabkan perubahan warna pada gigi akibat pendarahan pulpa

5 Komplikasi Avulsi Gigi yang Harus Anda Waspadai

Avulsi gigi adalah terlepasnya gigi dari soket yang biasa terjadi saat anak-anak mengalami cedera. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi, misalnya perubahan warna pada gigi dan infeksi gigi.