25 Nov 2020, 11:38Penyakit Lainnya

Apa tujuan kompres hangat pada benjolan dan kapan dilakukan kompres hangat?

DA
Info Penanya: DA0
Dokter Lidya Hapsari Yth, Terima kasih atas jawaban yang diberikan mengenai pertanyaan saya yaitu benjolan dibawah telinga.Penjelasan dokter cukup jelas, cuma karena saya saat ini masih takut ke dokter karena adanya covid, saya ingin tanya lagi apakah untuk sementara adakah manfaat kompres untuk pembengkakan dibawah telinga? Kalau ya sebaiknya kompres panas atau dingin. Terima kasih.
3108 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo DA,Saya mengerti atas kekhawatiran Anda.Kita memang sebaiknya tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Tetep gunakan masker, jaga jarak minimal 2 meter, selalu cuci tangan dengan air yang mengalir, dan ganti baju Anda setelah keluar dari rumah.

Apa tujuan kompres hangat pada benjolan dan kapan dilakukan kompres hangat?

Kompres hangat ditujukan agar pembuluh darah menjadi melebar akibat suhu hangat. Jika pembuluh darah melebar, maka aliran darah menuju tubuh yang sakit akan menjadi lancar, diharapkan bejolan yang ada juga akan mengecil dan berkurang rasa sakitnya. Gunakan air hangat, dan jangan mengompres terlalu lama, hanya sekitar 15 menit tiap kompres. Bagian yang dikompres hanya pada kondisi kulit yang tidak terdapat luka dan cairan.

Apa tujuan kompres dingin pada benjolan dan kapan dilakukan kompres dingin?

Kompres dingin dilakukan saat tubuh baru saja mengalamai benturan. Saat tubuh terbentur, maka tubuh akan kompensasi dengan meningkatkan cairan dan pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan bengkak, merah, sakit. Untuk mengurangi keluhan ini, maka kompres dingin yang bertujuan untuk membantu penyempitan pembuluh darah dapat dilakukan. Kompres dingin dapat dilakukan segera hingga 2 hari pasca benturan. Kompres dingin juga hanya dilakukan pada bagian tubuh yang tidak terdapat luka.Kompres dingin atau kompres hangat sebaiknya tidak dilakukan pada orang yang mengalami kerusakan saraf, misalnya pada diabetes militus, stroke, lumpuh layu, karena kerusakan saraf yang mereka alami membuat kulit mereka tidak bisa merasakan jika kompres yang digunakan terlalu panas atau dingin sehingga dapat menyebabkan kerusakan jaringan di tubuh. Maka jika tetap ingin menggunakan kompres, harus dibantu orang lain untuk mengetahui apakah kompres tersebut tidak terlalu dingin atau panas.Jika benjolan yang Anda alami tidak berkurang nyeri, ukuran, dan malah semakin besar, atau bertambah banyak, dan  bertambah nyeri, maka segera konsultasikan ke dokter ya Ibu.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
penyembuhan lukatraumabenjolan lipoma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil