22 Nov 2020, 18:33Penyakit Lainnya

Bengkak di bawah telinga dan sakit

DA
Info Penanya: DA0
Di bawah telinga kanan mendadak timbul pembengkakan yang agak sakit.Kalau pagi hari pembengkakan mengempis, tapi sore menjadi lebih bengkak. Apa kopmres hangat akan membantu
998 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang DA,Bengkak dibawah telinga adalah keluhan yang bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan, bisa disebabkan oleh membesarnya kelenjar getah bening, bisa ada pembesaran kelenjar lemak atau lipoma, infeksi kelenjar getah bening atau disebut limfadenitis salah satunya bisa karena TBC kelenjar, bisa ada kista atau kantung berisi cairan, bisa infeksi kulit lain seperti jerawat atau bisul.Jika ada bengkak, sakit, kemerahan, ataupun teraba lebih hangat bisa jadi merupakan tanda peradangan. Penyebabnya bisa salah satu yang disebutkan, jadi untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Jika ada nyeri untuk sementara bisa dilakukan kompres dengan air dingin atau hangat dan minum obat pereda nyeri seperti parasetamol.

Penanganan benjolan di bawah telinga

Apabila ada infeksi lain juga tidak jarang membuat kelenjar getah bening bengkak, tetapi jika infeksi sudah diatasi maka benjolan akan hilang dengan sendirinya. Jadi kalau sampai lebih dari 2 minggu benjolan tidak hilang, sebaiknya dilakukan pemeriksaan.Nantinya oleh dokter bisa diberikan terapi dengan pengobatan jika penyebabnya infeksi, dilakukan biopsi atau pengambilan sampel jaringan untuk memastikan apa penyebabnya ataupun perlu dilakukan operasi untuk menghilangkan benjolan tersebut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kelenjar getah beningbenjolpembesaran kelenjar getah bening
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil