Bibir kemaluan bentol dan gatal karena cukur?

HN Info Penanya: HN, Wanita, 28 Tahun
Dok saya mau Tanya penanganan/ pengobatan sperti ap yg harus dlakukan...SekitarSeMinggu daerah kemaluan gatal digaruk Krn bekas Cukur, Trz Ada sperti Bengkak di Antara bibir vagina dalam,Agak sakit Dan gatal jika di tekan.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, A.

Mencukur rambut pada vagina dilakukan untuk menjaga kebersihan vagina. Mencukur memang tidak dilarang dan tidak berbahaya untuk vagina, namun jika tidak berhati hati anda dapat mengiritasi dan membuat luka pada kulit vagina.

Gatal pada vagina bisa terjadi pada hampir pada semua wanita, keadaan ini tentu membuat tidak nyaman. Gatal pada vagina bisa dikatakan normal dan biasanya akan hilang dengan sendirinya, namun jika keluhan tersebut tidak membaik, sebaiknya di konsultasikan lebih lanjut ke dokter.

Beberapa penyebab rasa gatal di vagina wanita :

  1. Infeksi
    Penyebab infeksi pada vagina bisa dari bakteri, virus dan jamur. Pada vagina normalnya memang ada bakteri dan jamur, namun jika jumlahnya berlebihan dapat menyebakan infeksi dan vagina menjadi gatal
  2. Cukur Rambut pada Vagina
    Setelah rambut di vagina dicukur akan ada folikel yang terbuka dan justru membuat bakteri bisa masuk dan membuat infeksi, ditambah lagi bila alat cukur tidak higienis dan membuat luka di kulit
  3. Stres
    Stres pikiran maupun fisik mempengaruhi dalam keseimbangan hormon. Yang dapat memicu rasa gatal pada vagina
  4. Penyakit menular sesual
    Penyakit menular seksual seperti herpes genital, klamidia dan trikomoniasis. Merupakan  penyakit menular seksual yang banyak menyebaban gatal pada vagina.

Pencegahan gatal karena cukur rambut pada vagina :

  1. Mencukur rambut ke arah tumbuhnya rambut
  2. Menggunakan pisau yang masih baru
  3. Berhati-hati dalam mencukur rambut
  4. Tidak mengunakan krim cukur

Penanganan gatal karena cukur rambut pada vagina :

  1. Kompres hangat
    Kompres dengan air hangat dan handuk bersih pada area yang terjadi iritasi selama 5-10 menit.
  2. Pakai pakaian dalam yang longgar
    Pemilihan bahan yang tepat (katun) dapat menyerap keringat dan iritasi, dan celana yang longgar dapat membantu area vagina lebih luas dan menghindari gesekan
  3. Obat krim
    Penggunaan obat krim dapat di gunakan dalam bentuk topical (oles). Krim yang mengandung isi hidrokortison yang berfungsi dalam mengurangi bengkak dan kemerahan.

Konsultasikan ke dokter Spesialis Kulit dan Kelamin jika keluhan tidak membaik.

Semoga Bermanfaat. Salam Sehat,

dr. Aisyah Nur Ramadhani

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Atasi vagina gatal akibat infeksi jamur menggunakan yogurt

Infeksi Jamur Vagina: Perawatan dan Pencegahannya

Vagina gatal, berbau, dan tidak nyaman akibat infeksi jamur vagina dapat diatasi dengan mengonsumsi yogurt untuk perawatan dari dalam, bakteri baik (probiotik) dapat membantu membasmi jamur pada miss V.