Dari betis sampai kaki bengkak dan nyeri, apa penyebabnya?

NC Info Penanya: NC, Pria, 1 Tahun
Dok saya mau tanya. Sebelum haid saya merasakan nyeri diseluruh bagian tubuh saya, pinggang , perut, dan kaki. Tapi saya merasakan aneh pada kaki saya, haid sudah selesai dan bagian lain tidak terasa nyeri lagi namun bagian kaki tetap terasa nyeri. Awalnya saya fikir karna saya mau haid. Tp kaki sya semakin kesini membengkak nyeri ditulang kaki kelingking kiri, dekat mata kaki, di betis dan jika saya raba banyak seperti urat yg timbul dan jika dipencet terasa sakit dan nyeri. Itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NC.

Bengkak dan nyeri adalah dua tanda peradangan, yang bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk kaki. Selain bengkak dan nyeri, gejala biasanya disertai dengan rasa panas, kulit memerah, serta sulit digerakkan secara normal. 

Penyebab Kaki dan Betis Bengkak

Peradangan pada betis sampai kaki bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, baik yang ringan sampai yang cukup berisiko. Beberapa di antaranya adalah:

  • Plantar fascitis, yaitu peradangan jaringan penghubung tulang tumit dan jari
  • Limfedema atau peradangan pembuluh getah bening
  • Selulitis, yaitu infeksi bakteri pada kulit dan jaringan di bawah kulit
  • Selain itu, kondisi selain peradangan seperti insufisiensi vena atau efek samping dari obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan pembengkakan tersebut

Untuk sementara, Anda dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul dengan obat antinyeri yang dijual bebas, seperti parasetamol. Kompres bagian yang meradang dengan handuk basah. Ketika tidur, usahakan mengganjal kaki dengan bantal, agar aliran darah mengalir lebih lancar.

Apabila kondisi tidak membaik atau semakin parah, Anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter spesialis ortopedi. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti rontgen kaki atau laboratorium. Dengan demikian, dokter akan mengetahui penyebab pastinya, dan memberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembengkakan jantung gejalanya berupa rasa tidak nyaman pada dada.

Hati-hati, Pembengkakan Jantung Dapat Sebabkan Gagal Jantung

Pembengkakan jantung adalah masalah di otot jantung yang menyebabkan otot jantung membesar,menebal, hingga membekak. Konsekuensinya bisa gagal jantung atau aritmia.