Bengkak dan mati rasa pada mulut setelah makan omelet

PI Info Penanya: PI, Wanita, 18 Tahun
Dokter , tadi saya makan omlet yang menurut saya rasanya lumayan asin, tiba-tiba dipertengahan disaat saya mengunyah mulut saya berasaa mati rasa. tapi saya tetap lanjutkan makan, setelah itu saya merasa ada yg aneh dg mulut bagian dalam saya seperti sariawan tapi tidak sakit,setelah saya lihat mulut bagian dalam saya sudh penuh dengan bercak merah tetapi tidak sakit hanya bengkak dan terus menjalar ke sisi mulut lainnya hingga ke gusi dan pipi bagian dalam. ini kenapa yaa dokkk?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PI,

Keluhan seperti timbul bercak merah, bengkak, dan mati rasa yang menjalar di mulut hingga ke gusi dan pipi bagian dalam dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  1. Alergi
  2. Inflamasi (radang)
  3. Infeksi pada daerah mulut (gigi, gusi)
  4. Infeksi pada kelenjar ludah atau kelenjar getah bening sekitar leher
  5. Gangguan pada saraf wajah

Hal yang patut Anda waspadai adalah apabila Anda merasakan keluhan seperti sulit bernapas napas tersengal-sengal, lidah atau bibir membengkak, hingga Anda merasa tenggorokan tercekat, segera cari pertolongan pertama ke UGD. Bila keluhan lain seperti demam, dan muncul ruam kemerahan di seluruh badan, segera periksakan diri Anda ke dokter terdekat.

Berikut beberapa tips untuk mengurangi gejala dan kekambuhan:

  • Kumur dengan air untuk mengurangi sisa kontak dengan telur. Cara ini bisa mengurangi reaksi alergi pada kulit seperti ruam dan gatal-gatal.
  • Minum obat antihistamin untuk mengurangi keluhan.
  • Untuk sementara, jangan makan telur atau olahannya.

Salam sehat,

dr. Airin Que

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Syok termasuk kondisi darurat medis yang bisa berakibat fatal apabila dibiarkan dan berpotensi kematian

Kenali 4 Jenis Syok yang Bisa Mengancam Nyawa Anda

Syok adalah kondisi darah dan oksigen tidak cukup mengaliri organ dalam tubuh. Ada beberapa gejala seperti nyeri dada. Syok memiliki 4 jenis yang berpotensi kematian. Kenali gejala dan jenis syok agar Anda lebih waspada. Larikan penderita syok ke unit gawat darurat untuk mendapat penanganan sesegera mungkin.