09 Apr 2021, 02:24Infeksi

Bercak kemerahan, bengkak, demam apakah cacar api?

F
Info Penanya: F0
Malam dok, saya mau tanya Suami saya awalnya mengalami seperti bercak kemerahan di bagian atas dan bawah ketiak,tangan kanannya,kemerahan itu seperti bisul kecil tapi agak melebar bentuknya dan ada beberapa yang mengeluarkan cairan tapi sedikit. Cenderung gatal. Kemudian beberapa hari kemudian muncul bengkak yang berkembang relatif cepat, kurang dari 2 hari bengkak sudah bisa diraba di lengan bagian atas, di bawah ketiak arah kedada , dan ada yg di sekitar ketiak arah ke punggung.disertai demam
81 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang FBercak kemerahan disertai bengkak dan demam pada bagian ketiak kanan suami anda mengarah pada adanya infeksi herpes zoster atau serinya disebut cacar ular atau cacar api. Bercak kemerahan disertai bintik atau lenting berisi cairan atau seperti lepuhan dan rasa gatal, nyeri serta pembengkakan kelenjar getah bening di sekitarnya.

Cacar Ular Atau Cacar Api

Infeksi cacar ular atau cacar api ini disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar air yaitu virus varicella zoster yang menginfeksi untuk kedua kalinya apabila imunitas rendah seperti pada lansia, stres, ibu hamil atau penyakit kronis. Infeksi bisa menular melalui kontak kulit atau terkena cairan dari bintik-bintik tersebut.

Menangani Cacar Ular Atau Cacar Api

Untuk penanganan pada infeksi, suami anda perlu menemui dokter untuk diperiksakan dan diberikan pengobatan yang sesuai dengan antivirus dan obat-obatan lainnya. Selain itu ada beberapa hal yang perlu suami anda lakukan untuk menangani infeksi ini. Beberapa hal tersebut yaitu:
  • Istirahat cukup, tidak bergadang
  • Makan bergizi serta air putih yang cukup
  • Minum obat sesuai anjuran dokter hingga tuntas
  • Oleskan pada bercak kemerahan
  • Konsumsi vitamin c dan d3 untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mandi air hangat 
  • Hindari menggaruk dan cuci tangan sebelum atau setelah memegang bercak kemerahan
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
herpesvarisela zosterherpes zoster
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil