Benarkan pemeriksaan suhu tubuh tidak efektif deteksi korona?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Hai dok, mau tanya, di kantor saya sekarang setiap baru mau masuk gedung harus diperiksa dulu suhu tubuhnya. Apakah ini memang efektif untuk deteksi corona, dok? Soalnya ternyata yang kemarin dinyatakan positif corona itu tetangga di kantor kami yang juga menerapkan pemeriksaan suhu. Mohon jawabannya ya, dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pemindai termal adalah adalah salah satu alat pengukur suhu yang cara kerjanya sama dengan termometer. Alat ini banyak digunakan oleh berbagai kantor dan juga fasilitas umum karena dinilai cukup efektif dalam penggunaannya. Tidak memakan waktu yang lama untuk mendeteksi suhu tubuh seseorang. 

Cara kerja alat ini yaitu untuk mendeteksi orang yang menderita demam akibat terinfeksi virus corona baru. Tetapi, alat ini tidak bisa mendeteksi orang yang terinfeksi virus corona. Karena, dibutuhkan waktu 2 hingga 10 hari sebelum orang yang terinfeksi mengalami demam.

Untuk itu, perlu diketahui juga gejala yang ditimbulkan ketika seseorang terinfeksi virus corona, yaitu:

  • Demam.
  • Batuk, flu.
  • Nyeri tenggorokan.
  • Sesak napas.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Diare. 

Gejala ini muncul 2 sampai 14 hari sejak infeksi pertama kali. Masa ini dinamakan masa inkubasi dan bisa menularkan ke orang lain. Jadi sebaiknya, jika mengalami gejala-gejala di atas, orang tersebut harus melakukan isolasi mandiri atau berobat ke fasilitas kesehatan terdekat agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak peka bau dan rasa adalah ciri baru corona

Tak Peka Bau dan Rasa Merupakan Gejala Coronavirus Baru, Benarkah?

Tak peka bau dan rasa secara tiba-tiba belakangan ini disebut sebagai salah satu ciri baru terinfeksi virus corona. Hal ini disampaikan oleh beberapa dokter THT di Inggris.