Benarkah pegangan tangan bisa atasi stres?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, saya ada baca artikel di internet mengenai pegangan tangan. Memangnya betul ya dok, pegangan tangan bisa menghilangkan stres?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Berpegangan tangan adalah salah satu usaha seseorang untuk menunjukkan empati, rasa sayang terhadap orang lain. Perihal benarkah berpegangan tangan dapat mengatasi stres? Maka hal tersebut benar adanya, karena ketika seseorang sedang stres, maka tentunya butuh tempat berbagi cerita dengan orang lain. Setidaknya meski tidak langsung berbagi cerita, maka pendampingan dari orang lain tentu akan sangat bermanfaat untuk ketentraman jiwanya.

Ketika berpegangan tangan maka seseorang akan merasa lebih nyaman karena merasa tidak sendirian, dan sewaktu-waktu ada orang yang siap membantu. Rasa nyaman ini akan mengeluarkan hormon endorfin yang mampu mengurangi stres, kecemasan, memberikan rasa bahagia, mengurangi rasa nyeri, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Selain berpegangan tangan, rasa nyaman juga bisa diberikan dalam bentuk pelukan, atau belaian di kepala. Setidaknya hal-hal sederhana tersebut dapat menenangkan sesaat perasaan seseorang yang sedang kacau.

Yang perlu Anda lakukan agar tidak mudah stres adalah:

  • Kendalikan antara keinginan dan kemampuan Anda.
  • Seimbangkan antara pekerjaan dan hal-hal yang dapat menyenangkan hati Anda.
  • Berbagi cerita dengan orang yang Anda percayai bila sedang menghadapi masalah.
  • Lakukan olahraga secara rutin agar tubuh dan pikiran lebih bugar.
  • Selalu bersyukur dengan kehidupan Anda.

Bila Anda merasa stres berlebihan dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, maka sebaiknya lakukan konseling dengan psikolog untuk membantu Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Takut mati berlebih bisa jadi fobia bernama thanatophobia

Takut Mati Berlebih, Gangguan Fobia Bernama Thanatophobia

Takut mati yang berlebih diketahui sebagai fobia yang bernama Thanatophobia. Fobia ini bisa mengganggu kehidupan dan aktivitas sehari-hari orang yang mengalaminya.