Benarkah tidak mengonsumsi makanan bergizi bisa picu impotensi?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Pagi dok, apa betul tidak mengonsumsi makanan yang bergizi bisa menyebabkan impotensi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Makanan adalah sesuatu yang kita konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Masing-masing zat gizi memiliki peran dan fungsi yang berbeda dalam mempertahankan kesehatan tubuh. Dengan zat gizi yang cukup, kerja organ-organ tubuh akan senantiasa optimal.

Sedangkan impotensi, atau sering disebut sebagai disfungsi ereksi, adalah ketidakmampuan seorang pria untuk mempertahankan ereksinya. Hal ini menyebabkan hubungan seksual tidak berjalan dengan baik, dan menyulitkan pasangan yang ingin mendapatkan keturunan. Impotensi juga seringkali memicu rasa tertekan yang berujung pada depresi atau kecemasan.

Menjawab pertanyaan Anda, makanan tidak bergizi memang memicu impotensi melalui mekanisme yang cukup panjang. Makanan tidak bergizi dapat memicu gangguan hormon, serta menghambat kerja normal sistem saraf atau pembuluh darah tubuh. Gangguan hormon, saraf, atau pembuluh darah penis inilah yang nantinya dapat memicu impotensi.

Oleh karena itu, penuhilah zat gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu:

  • Karbohidrat
  • Lemak sehat (lemak tidak jenuh)
  • Protein, bisa dari nabati maupun hewani
  • Vitamin A, B, C, D, E, K
  • Mineral seperti zat besi, kalium, kalsium, potassium, selenium, dan lain-lain

Untuk memudahkan dalam memenuhi zat gizi tersebut, Anda dapat mengikuti panduan 'piring makanku' dari Kemenkes pada tautan berikut.

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis gizi, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pisang mengandung beragam vitamin dan mineral, di samping juga serat dan pati resisten

Ragam Kandungan Pisang yang Manis di Setiap Gigitannya

Kandungan pisang si buah populer memang manis seperti rasanya. Selain mengandung serat dan pati resisten, buah ini juga mengantongi beragam vitamin dan mineral. Vitamin tersebut utamanya yakni beberapa vitamin B. Sementara itu, kandungan mineral dalam pisang berupa kalium, magnesium, hingga fosfor.