Benarkah temu putih dapat mencegah kanker?

SL Info Penanya: SL
Dok saya dapat info dari teman kalau tanaman herbal untuk membantu mencegah kanker, salah satunya adalah temu putih. Benar begitu kah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Temu putih yang memiiki nama lain Curcuma zedoaria merupakan salah satu jenis tanaman obat uang mempunyai rasa yang cenderung pahit serta berbau khas. Temu putih ini sering sekali menjadi bahan obat herbal karena mengandung zat kurkuminoid, flavonoid, minyak atsiri, suldur, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, banyak seklai manfaat dari temu putih ini untk kesehatan

Adapun beberapa manfaat dari temu putin untuk kesehatan yaitu:

  • Meringankan gejala saat meriang (tidak enak badan / badan kurang fit)
  • Beberapa penelitian menyatakan dapat menghambat pertumbuhan dari sel kanker
  • Menghambat perkembangan dari bakteri
  • Membantu meringankan gejala yang muncul karena alergi
  • Sebagai penawar racun

Penggunaan temu putih di Indonesia bisa digunakan sebagai bumbu rempah masakan seperti pada masakan kari, ataupun sebagai bumbu masakan olahan seafood. Selain berupa temu putih segar, tersedia pula dalam bentuk serbuk. Terkait penggunaannya sebagai tanaman obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Usakahan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan Anda dengan minum air putih 8 gelas perhari, lakukanlah olahraga agar badan tetap sehat serta jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit degeneratif

Mengenal Jenis-jenis Penyakit Degeneratif yang Umum Terjadi

Penyakit degeneratif adalah kondisi medis yang terjadi saat fungsi dan struktur jaringan memburuk seiring berjalannya waktu, seperti alzheimer dan kanker.