logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Penyakit Lainnya

Benarkah sup kimlo bagus untuk menu diet?

20 Agt 2020, 08:25

FF

Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun

Dok, apa betul sup kimlo bagus untuk menu diet? Bagaimana aturan konsumsinya dok?

Dilihat 10367

0 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Sylvia V

Selamat pagi, FF.

Sup adalah makanan berkuah yang sangat lezat dan bisa dikonsumsi untuk menghangatkan badan, terlebih pada saat udara dingin. Ada beberapa jenis sup yang dikenal, misalnya sup kaldu, sup jagung, sup ikan, dan sup kimlo. Nah, sup kimlo adalah makanan berkuah yang berisi wortel, jamur kuping, sedap malam, daging ayam, soun, dan kapri.

Mengenai pertanyaan Anda terkait konsumsi sup kimlo saat diet, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa pada dasarnya makanan bergizi apapun dapat dikonsumsi saat diet. Asalkan, kalori yang masuk melalui makanan dan minuman harus lebih sedikit daripada kalori yang keluar melalui aktivitas fisik dan kerja organ tubuh. Dengan defisit kalori, berat badan akan berangsur-angsur menurun.

Oleh karena itu, apabila Anda hanya mengonsumsi sup kimlo sebagai makan siang tanpa tambahan apapun, maka kandungan kalorinya adalah sekitar 300 kalori. Angka tersebut memang lebih kecil apabila dibandingkan dengan nasi goreng, nasi padang, ataupun makanan berat pada umumnya. Jadi, jumlah kalori masuk bisa berkurang, dan berat badan turun.

Namun, jika Anda mengonsumsi sup kimlo bersama dengan nasi putih porsi besar, kerupuk, atau minuman manis, maka hal tersebut tidak menyebabkan defisit kalori, dan berat badan Anda akan tetap sama.

Oleh karena itu, perhatikan juga asupan makanan dan minuman lainnya pada saat program penurunan berat badan, ya. Konsumsi banyak sayur dan buah yang tinggi nutrisi namun rendah kalori. Imbangi dengan konsumsi zat gizi lain yaitu karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan protein secukupnya, serta air putih yang cukup.

Apabila membutuhkan program makan khusus, Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis gizi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

makanan dietberat badan idealmenurunkan berat badan

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved