Benarkah ramuan herbal bisa sembuhkan kista bartholin?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dokter izin bertanya ya. Saya sedang hamil 5 bulan. Baru 5 hari saya divonis ada kista bartholin dan diberi obat dan salep dari dokter. Namun, kondisi tidak membaik malahan benjolan di vagina membengkak dan semakin sakit. Selanjutnya, saya meminum ramuan herbal. Hasilnya, dari vagina keluar kulit putih terkelupas dok. Apakah itu kistanya dok? Saya tidak ingin operasi dok, sebaiknya saya lanjutkan pengobatan herbal ini atau bagaimana dok? Makasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Kista bartholin adalah kondisi dimana terbentuk kantung berisi cairan pada kelenjar bartholin yang letaknya di samping lubang vagina. Umumnya kista ini tidak menimbulkan gejala seperti nyeri, namun bila ukurannya cukup besar atau mengalami infeksi bakteri maka benjolan ini akan menimbulkan rasa nyeri terutama ketika berjalan atau duduk. 

Penyebab kista bartholin ini sendiri adalah tersumbatnya kelenjar bartholin, namun apa penyebab kenapa bisa tersumbat belum diketahui secara pasti, namun terkadang berkaitan dengan infeksi menular seksual.

Cara menangani kista bartholin adalah dengan cara berendam menggunakan air hangat atau kompres benjolan dengan air hangat  secara rutin selama beberapa hari dengan maksud agar benjolan pelan-pelan mengecil, selain itu Anda juga bisa mengompres benjolan menggunakan tea tree oil, cuka apel yang telah diencerkan, lidah buaya namun sejauh ini belum ada penelitian pasti yang membuktikan keefektifitasannya.

Perihal pemakaian obat-obatan herbal saya tidak bisa memastikan keefektifitasannya karena seringkali obat-obatan herbal belum ada penelitian pastinya dan hanya berdasarkan pengalaman-pengalaman saja.

Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter kulit dan kelamin bila benjolan teraba semakin membesar atau muncul keluhan nyeri.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penting untuk mengetahui penyebabnya sehingga Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat

9 Penyebab dan Cara Menangani Vagina yang Membengkak

Vagina bengkak sebenarnya kondisi yang tak perlu dikhawatirkan. Namun, penting untuk mengetahui penyebab vagina membengkak sehingga Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Beberapa penyebab vagina bengkak antara lain alergi, kehamilan, hingga aktivitas seksual yang terlalu kasar.