Benarkah minyak zaitun adalah obat kolesterol alami?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Siang dok, apakah obat kolesterol alami bisa didapatkan dari minyak zaitun? Bagaimana cara mengonsumsinya? Mohon informasinya ya dokter. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Kolesterol adalah lemak dalam darah, yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang normal. Tetapi, apabila jumlah kolesterol terlalu banyak, dapat menjadi plak yang menempel di dinding pembuluh darah. Plak tersebut bisa menyumbat aliran darah dan menyebabkan penyakit, misalnya jantung koroner dan stroke.

Berapa Kolesterol yang Normal?

Oleh karena itu, kolesterol harus dijaga agar kadarnya tetap normal. Nilai normal kolesterol di dalam darah adalah:

  • Kolesterol total: < 200 mg/dL
  • LDL, atau sering disebut 'kolesterol jahat': < 100 mg/dL
  • HDL, atau sering disebut 'kolesterol baik': pria > 40 mg/dL, wanita > 50 mg/dL
  • Trigliserida: < 150 mg/dL

Untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal, pola makan harus diperhatikan. Makanan yang dianjurkan dikonsumsi adalah yang mengandung lemak tak jenuh, yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Salah satunya adalah minyak zaitun, seperti yang Anda sebutkan. Tetapi, konsumsilah secukupnya, dimana sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi dua sendok makan minyak zaitun sehari dapat membantu menormalkan kolesterol.

Tetapi, perhatikan juga pola makan lainnya, ya. Konsumsi juga beberapa sayuran yang juga membantu menurunkan kolesterol, yaitu wortel, lobak, dan kacang panjang. Jangan lupa untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Lalu, imbangi pola makan dengan tetap bergerak aktif atau berolahraga rutin, serta menghindari merokok dan minuman beralkohol.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda disarankan berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis penyakit dalam, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

HDL adalah kolesterol baik yang bisa menyingkirkan kolesterol berlebih berbahaya di darah

HDL si Kolesterol Baik, Bagaimana Cara Meningkatkannya?

HDL adalah kolesterol baik yang berfungsi untuk menyingkirkan kolesterol berlebih di darah. Kadar ideal untuk HDL adalah 60 miligram/desiliter (mg/dL) atau lebih. Bagaimana cara meningkatkannya?