Benarkah minuman beralkohol dapat basmi corona?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Pagi dok, saya sempat membaca thread di Twitter pagi ini yang mengatakan minuman beralkohol dapat membasmi corona pada tubuh. Benarkah? Mohon konfirmasinya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Corona atau COVID 19 adalah salah satu penyakit infeksi pernapasan yang bisa berakibat hingga kematian, terutama pada orang yang sudah lanjut usia karena adanya penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, jantung koroner, atau gagal ginjal.

Sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah virus corona, sehingga yang dapat dilakukan adalah upaya menjaga daya tahan tubuh dan melakukan social distancing untuk menghindari kontak dengan orang-orang yang mungkin saja sudah terpapar virus corona meski tampaknya sehat.

Saat ini yang sering dilakukan adalah mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol, namun bukan berarti meminum alkohol dapat membunuh atau mencegah virus corona. Meminum alkohol malah akan semakin membuat daya tahan tubuh menurun, gangguan lambung, dan dalam jangka waktu panjang akan berakibat ke gangguan liver seperti sirosis hepatis.

Cara pencegahan penularan virus corona yang benar adalah dengan cara :

  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.
  • Sebisa mungkin hindari pemakaian fasilitas umum.
  • Lakukan social distancing.
  • Makan dan minum secara teratur.
  • Cukup tidur.
  • Olahraga ringan selama 30 menit.
  • Berjemur selama 15 menit saat pagi hari.
  • Gunakan masker saat berpergian.
  • Hindari kebiasaan menyentuh area wajah.

Bila ada keluhan seperti demam lebih dari 3 hari, ada keluhan batuk pilek yang tidak membaik dengan pengobatan rumahan atau obat warung, maka lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gambar paru pasien corona akan terlihat berwarna putih atau buram

Ini Gambar Paru Pasien Corona, Tanda Parahnya Infeksi Covid-19

Gambar paru pasien corona menunjukkan bahwa penyakit ini tidak boleh disepelekan, baik untuk anak muda apalagi orang tua. Gambaran berkabut yang menyelimuti paru-paru dari hasil rontgen dada menunjukkan bahwa pasien corona harus berjuang susah payah hanya demi bisa bernapas.