Benarkah bir bintang baik untuk kesehatan?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, apa betul sebenarnya bir bintang itu baik untuk kesehatan? Bagaimana anjuran konsumsi yang disarankan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Bir Bintang adalah salah satu merek dagang minuman beralkohol yang dijual di Indonesia. Alkohol tersebut berasal dari fermentasi bahan alami, yaitu malt barley. Selain malt barley, bir Bintang juga mengandung hops dan air.

Satu kaleng bir Bintang berukuran standar berisi 330 ml, dimana kadar alkoholnya sekitar 4,7%. Sebuah studi menyebutkan bahwa batas konsumsi alkohol yang dianjurkan per hari adalah 15 gram alkohol, yaitu setara dengan satu kaleng bir Bintang berukuran standar tersebut.

Manfaat dan Risiko Minuman Beralkohol

Mengonsumsi bir Bintang atau minuman beralkohol lain secara rutin memang memiliki manfaat kesehatan apabila dikonsumsi dalam batas yang dianjurkan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Meningkatkan hormon kebahagiaan, sehingga membuat seseorang lebih mudah bersosialisasi
  • Meningkatkan kolesterol baik (HDL)
  • Meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga mengurangi risiko terkena diabetes
  • Mengurangi risiko terjadinya demensia

Tetapi, mengonsumsi alkohol secara berlebihan secara rutin dapat menimbulkan penyakit kronis. Beberapa penyakit yang mungkin terjadi adalah gangguan hati (liver), tekanan darah tinggi, dan pankreatitis. Selain itu, mengonsumsi alkohol berlebih pada saat hamil bisa memicu timbulnya malformasi pada janin.

Jadi, apabila Anda ingin mengonsumsi minuman tersebut, nikmati bir Bintang secara bertanggung jawab. Bir Bintang dianjurkan dikonsumsi oleh mereka yang sudah berusia dewasa, yaitu 21 tahun ke atas. Juga, tidak dianjurkan mengemudikan kendaraan apabila masih di bawah pengaruh alkohol, ya.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait minuman beralkohol, atau mengalami keluhan kesehatan, jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter Anda. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lelah termasuk salah satu ciri withdrawal syndrome

Withdrawal Syndrome Tak Hanya Karena Berhenti Minum Alkohol

Withdrawal syndrome adalah gejala yang terjadi saat seseorang berhenti menggunakan zat tertentu, umumnya obat-obatan terlarang (NAPZA). Kondisi ini bisa bahaya dan memerlukan penanganan medis.