belum menstruasi dari remaja dan masalah rahim kecil belum memiliki keturunan

AD Info Penanya: AD, Wanita, 29 Tahun
dokter saya ingin bertanya, sya wanita 29 thun, sdh menikah 3 tahun ,. dari remaja sampai saat ini saya belum menstruasi.dr umur 16 thun sya sdh wara wiri ke dokter kandungan untuk diperiksa, dokter blg salurannya ada tp rahim kecil, dan ada jg dokter yg memvonis sy tidak bsa memiliki keturunan sampai sya tkut untuk dtg ke dokter kandungan lgi.step² apa yg hrus sya lakukan skrg untuk bsa mens dan memiliki keturunan?trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AD

Adanya kelainan atau anomali uterus seperti rahim yang kecil menjadi faktor penyebab tidak bisa menstruasi/ amenorhea dan tidak bisa memiliki keturunan, hal ini karena rahim tidak bisa menjadi tempat implantasi dari sperma dan sel telur secara baik. 

Ada banyak faktor selain masalah rahim yang menjadi penghambat keturunan seperti stress yang di alami wanita, kondisi sperma laki-laki, masalah hormonal pada wanita.  Untuk mempermudah terjadinya kehamilan pada wanita yang memiliki masalah pada rahim sebaiknya dipertimbangkan program bayi tabung atau invitro fertilisation (IVF), untuk prosedur ini sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan subdivisi Konsultan endokrine dan fertilisasi. 

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berat badan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi memengaruhi kemampuan untuk hamil.

Benarkah Wanita Kurus Susah Hamil? Ini Penjelasannya

Wanita kurus dengan angka indeks massa tubuh hanya 18,5 atau di bawahnya, kemungkinan susah hamil. Hal ini dikarenakan tubuh berhenti memproduksi estrogen.