23 Dec 2020, 15:40Kandungan

Tidak haid selama 2 bulan, bagaimana solusinya?

MS
Info Penanya: MS0
Halo dok, saya berusia 22 tahun dan belum menikah, saya selama 2 bulan ini belum mengalami menstruasi, terakhir menstruasi pada akhir bulan september, dan tidak ada gejala apapun. Saya sudah pergi ke dokter, hasilnya saya hanya dihimbau untuk perbaiki pola hidup (makanan dan olahraga) dan juga diberikan vitamin. Namun hingga saat ini saya belum juga mengalami menstruasi. Saya baru pertama ini mengalami telat haid yg begitu lama, sebelum-sebelumnya tidak pernah. Apa yg harus saya lakukan? ?
469 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, MS.Pada kondisi normal, seorang wanita sehat seharusnya mengalami haid setiap 21-35 hari sekali. Itu artinya, kondisi yang Anda alami yaitu tidak mengalami haid sepanjang 2 bulan (60 hari) adalah suatu kondisi abnormal. Hal ini bisa dipicu oleh berbagai penyebab, mulai dari ketidakseimbangan hormon, penggunaan alat kontrasepsi atau obat golongan tertentu, adanya penyakit rahim, sampai kehamilan.Apabila Anda belum menikah dan tidak pernah melakukan aktivitas seksual sebelumnya, maka penyebabnya tentu saja bukan kehamilan, melainkan salah satu dari yang disebutkan di atas. Untuk menanganinya, adalah benar apa yang disampaikan oleh dokter Anda untuk mengubah pola hidup terlebih dahulu. Beberapa hal yang dapat Anda terapkan dalam keseharian adalah:
  • mengonsumsi buah dan sayur yang bervariasi
  • tidur cukup 7-9 jam per hari
  • lakukan olahraga 3-4 kali per minggu
  • kelola tingkat stres
Apabila setelah melakukan hal-hal tersebut tetapi haid tidak kunjung datang selama tiga siklus berturut-turut, maka barulah kondisi tersebut dapat disebut sebagai amenore dalam dunia medis. Apabila demikian, konsultasikan kepada dokter spesialis kandungan guna melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG atau laboratorium. Setelah diketahui penyebab pastinya, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan hormonal untuk mengembalikan siklus haid. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil