19 Feb 2021, 18:28Kandungan

Jadwal haid berubah-ubah, kenapa?

RR
Info Penanya: RR0
Dok mau tanya, bulan Januari haid maju 3 hari lebih cepat dari tanggal 6 maju ke tgl 3 dan hanya 3 hari aja haidnya, dan pada tgl 23 mendapatkan haid lagi selama 2 hari pada tgl 23 dan 24 Januari. Tgl 29 Januari melakuan hubunga seks, dan bulan febuari ini belum mendapatkan haid lagi dan sudah di tespack pada tgl 5 dan tgl 15 hasilnya negatif hingga tgl 19 ini belum mendapatkan haid juga. Mohon jawabannya dok... Terima kasih.
635 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, RRI.Haid adalah keluarnya darah dari liang vagina, yang disebabkan oleh peluruhan dinding rahim. Normalnya, haid dialami selama 2-7 hari, dan setiap 21-35 hari secara teratur (berbeda-beda pada masing-masing individu). Sekalipun bergeser, biasanya hanya mundur atau maju selama maksimal tiga hari. 

Penyebab Haid Tidak Teratur

Apabila haid tidak teratur dan mengalami pergeseran yang cukup jauh, berarti ada hormon tubuh yang kemungkinan tidak seimbang. Nah, berikut beberapa hal yang dapat memicu ketidakseimbangan hormon:
  • kehamilan
  • kelelahan fisik akibat aktivitas berat
  • kecemasan atau gangguan psikologis lainnya
  • gangguan tiroid
  • penyakit rahim misalnya PCOS
  • naik atau turun berat badan secara drastis
Mengenai kondisi yang Anda sampaikan, berikut penjabarannya:
  • 6 Desember - 3 Januari: 28 hari
  • 3 Januari - 23 Januari: 21 hari
  • 23 Januari - 19 Februari: belum haid (sudah 27 hari)
Dari data di atas, siklus haid Anda masih tergolong normal. Mengenai sampai bulan Februari ini belum haid juga masih normal, karena siklusnya sama seperti saat bulan Desember ke Januari. Jadi, memang belum dapat dicurigai adanya kehamilan. Testpack yang negatif juga amat wajar, karena memang belum terlambat haid.Untuk itu disarankan agar Anda mencoba menunggu hingga haid selanjutnya tiba, sekitar satu minggu ke depan. Apabila satu minggu belum mendapatkan haid, Anda boleh mengulangi testpack kembali. Apabila masih negatif, ulangi lagi seminggu kemudian. Tapi, apabila negatif lagi, disarankan untuk memeriksakan langsung ke dokter kandungan guna dilakukan USG dan pemeriksaan lain. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil