Haid pertama (menarche) berupa flek cokelat, wajarkah?

MR Info Penanya: MR, Wanita, 1 Tahun
Dok anak perempuan saya umur 12th,belum pernah mendapat haid.tapi kemaren flek coklat selama 3hr kemudian bersih lagi.apakah itu normal dok?penyebabnya apa ya dok?mohon penjelasannya..terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MR.

Ketika seorang anak perempuan memasuki masa pubertas, anak tersebut akan mengalami haid pertama atau disebut juga menarche. Biasanya, darah dimulai dengan bercak kecokelatan, lalu diikuti dengan darah merah yang menderas, dan diakhiri dengan bercak kembali. Akan tetapi, pada beberapa kondisi, keluar hanya bercak cokelat dapat dikatakan masih normal dan wajar.

Kondisi tersebut akan dialami ketika seorang anak perempuan berusia 11-14 tahun. Selain bercak atau darah yang keluar dari kemaluan, hal lain yang akan dialami pada masa pubertas adalah:

  • Pembesaran payudara
  • Tumbuh bulu ketiak dan bulu kemaluan
  • Nafsu makan yang meningkat
  • Emosi yang tidak stabil
  • Terkadang, bisa timbul jerawat pada wajah atau tubuh

Jadi, Anda bisa menceritakan hal yang Anda alami kepada orangtua, khususnya ibu. Tanyakan hal-hal yang ingin Anda ketahui seputar haid, agar nantinya tidak kaget lagi saat menghadapi masa pubertas. Terbukalah dan bicarakan segala sesuatunya, supaya tidak terjerumus ke pendapat atau hal yang salah.

Setelah bercak yang Anda alami saat ini, mungkin bulan depan atau dua bulan lagi Anda akan mengalami haid yang sebenarnya. Oleh karena itu, persiapkan pembalut juga, ya.

Apabila masih penasaran dan menginginkan informasi lebih lanjut, mintalah agar ibu mendampingi Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Selamat memasuki masa pubertas. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab haid tidak teratur bisa jadi stres

6 Hal Penyebab Haid Tidak Teratur yang Mungkin Terjadi

Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa penyebab haid tidak teratur. Padahal, seharusnya seorang wanita mengalami menstruasi sebulan sekali.