18 Nov 2020, 06:02Kandungan

Apakah sperma yang kering bisa menyebabkan kehamilan?

S
Info Penanya: S0
Dok saya mau tanya.. apakah sperma yg sudah kering di penis luar jika menempel di bagian luar vagina bisa membuahi sel telur?
1994 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaKehamilan bisa terjadi saat sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma. Sperma bisa bertahan hingga kurang lebih 5 hari di dalam rahim, namun sperma hanya mampu beberapa menit saja pada suhu yang panas. 

Sperma yang berkualitas memiliki beberapa ciri-ciri khusus yaitu:

  • Dalam 1 mililiter cairan mani, mengandung minimal 15 juta sel sperma
  • Memiliki bentuk atau morfologi yang baik yaitu kepala lonjong dengan ekor yang panjang
  • Memiliki daya gerak atau motilitas yang baik 
Perlu diketahui bahwa untuk membantu proses pembuahan perlu dilakukan hubungan seksual dengan pria melakukan ejakulasi di dalam vagina wanita agar memudahkan kedua sel tersebut bertemu. Terkait degan pertanyaan Anda, jika sperma atau cairan ejakulasi sudah kering, dan menempel pada bagian luar alat kelamin wanita maka kemungkinan sel sperma yang terdapat pada cairan ejakulasi yang sudah mengering tersebut sudah mati. Sehingga tidak menyebabkan kehamilan. Namun, bila Anda ragu-ragu dan sikus haid pasangan Anda mengalami keterlambatan, lakukanlah tes kehamilan untuk memastikan.Usahakan tetap menjaga kebersihan area kemaluan, hindari melakukan seks bebas karena berisiko terinfeksi penyakit menular seksual, konsumsi makanan sehat bergizi dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat. Jika ada keluhan terkait dengan kondisi kesehatan, lakukanlah pemeriksaan ke dokter terdekat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekshubungan seksualsperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil